Tanam Rumput Laut Perdana, Bupati Pastikan Ada Investor Penampung Bupati : Tidak Perlu Khawatir

upati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris memastikan ada penampung bagi rumput laut hasil produksi petani. ‎

Tanam Rumput Laut Perdana, Bupati Pastikan Ada Investor Penampung Bupati : Tidak Perlu Khawatir
Foto Humas dan Protokol Setd
Bupati Abdul Haris bersama Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Wan Zuhendra secara simbolis menanam rumput laut di Dusun Selambak Desa Temburun Kecamatan Siantan Timur Minggu (23/6/2019). 
TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris memastikan ada penampung bagi rumput laut hasil produksi petani. 
Usai melakukan penanaman bibit rumput laut di Dusun Selambak Desa Temburun Kecamatan Siantan Timur Minggu (23/6), ia menjelaskan kalau harga yang ditawarkan oleh pengumpul rumput laut itu berkisar antara 9 hingga 12 ribu per kilogramnya. 
"Jadi Bapak Ibu tida perlu khawatir kalau nanti rumput lautnya tidak laku. Kepastian harganya pun sudah ada," ujarnya. 
Haris menjelaskan, terdapat tiga desa yang dikonsentrasikan sebagai area penanaman rumput laut.
Selain Desa Temburun, terdapat dua desa lain di Siantan Timur yakni Desa Serat ‎dan Desa Batu Belah yang bakal menjadi area penanaman rumput laut.
Terdapat sedikitnya 60 Kepala Keluarga (KK) dimana masing-masing KK akan menanam rumput laut di area sekitar 1/2 Hektare. 
Ia mengkalkulasikan dari keseluruhan area itu, setidaknya dapat memproduksi 20 ton rumput laut basah atau 2 ton rumput laut bila sudah dalam keadaan kering.
"Bila ini sudah berkembang, tentunya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Saya bersama Pak Wakil Bupati juga meminta agar petani rumput laut ini bisa tetap kompak. Jangan ragu untuk berkoordinasi dengan dinas terkait apabila ada hal-hal yang dianggap perlu," ungkapnya. 
Potensi rumput laut ini pun, menurutnya menjadi salahsatu cara untuk memaksimalkan potensi kelautan yang ada di Anambas.
Pihaknya juga tidak mengelak kalau ada beberapa pihak yang melirik serta berjanji soal pengembangan potensi ini, meski sampai sekarang belum juga terealisasi.
"Tujuan utama kami bagaimana masyarakat sejahtera. Melalui ini pula, kami berharap perekonomian masyarakat dapat mengalami peningkatan. Kalau memang berkelanjutan dan terus berkembang, bukan tidak mungkin akan ada pabrik mini pengolahan rumput laut menjadi anek produk di Anambas," ungkapnya.(tribunbatam.id/septyanmuliarohman)
Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved