Aset BP Batam

BP Batam Optimalkan Wisata MICE Untuk Dongkrak Wisatawan di Kota Batam

Upaya BP Batam dalam mengembangkan sektor pariwisata dinilai akan lebih pesat perkembangannya bila berbasis pada MICE.

BP Batam Optimalkan Wisata MICE Untuk Dongkrak Wisatawan di Kota Batam
ist
Direktur Pemanfaatan Aset BP Batam, Dendi Gustinandar saat memberikan sambutan in house training 

TRIBUNBATAM.id - Upaya BP Batam dalam mengembangkan sektor pariwisata dinilai akan lebih pesat perkembangannya bila berbasis pada MICE.

MICE merupakan singkatan yang terdiri dari Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition.

Direktur Pemanfaatan Aset BP Batam, Dendi Gustinandar mengatakan bahwa pengembangan pariwisata berbasis MICE dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah secara signifikan.

"Kota Batam memiliki potensi besar untuk kearah MICE, saat ini Batam menjadi Kota ke tiga terbesar sebagai pintu masuk wisatawan setelah Bali dan Jakarta," Ujar Dendi saat memberikan sambutan di acara pelatihan dan pengembangan bisnis agrowisata pada Rabu (26/6).

Pada tahun 2018 pertumbuhan wisatawan asing yang masuk ke Kota Batam dan Kepri mengalami peningkatan hingga 20 persen, hal itu berarti program-program yang dijalankan oleh Provinsi Kepri telah mampu untuk menarik wisatawan.

"Kita berharap ditahun 2019 ini pertumbuhan wisatawan asing dapat menghasilkan hasil yang sama bahkan dapat meningkat lebih pesat lagi," sambung Dendi.

Foto bersama Peserta In House Training Penyelenggaraan MICE untuk Agrowisata
Foto bersama Peserta In House Training Penyelenggaraan MICE untuk Agrowisata (ist)

Menurut Dendi MICE merupakan strategi yang cocok untuk diterapkan kepada wisatawan lokal.

"Menerapkan MICE di Kota Batam merupakan strategi dan peluang yang besar untuk menarik wisatawan lokal,mengingat tingginya harga tiket pesawat saat ini," katanya.

Melihat peluang tersebut, BP Batam bekerjasama dengan Jogja Tourism Training Center dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI ) memberikan bekal berupa in house training bertemakan "Penyelenggaraan MICE untuk Agrowisata" di Fisherism Tanjung Riau,Batam.

Tujuan diadakan acara ini untuk meningkatkan kapasitas SDM Pengelola Penyewa kawasan Agrobisnis BP Batam, memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang MICE.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved