Jadwal Keberangkatan Calon Jemaah Haji 2019 Dimajukan, Ada Penambahan Kuota Dari Arab Saudi

Pemeberangkatan calon jemaah Haji 2019 direncanakan akan dimajukan sehari sebelumnya. Untuk embarkasi Batam, semula dijadwalkan Minggu, 7 Juli 2019 t

Jadwal Keberangkatan Calon Jemaah Haji 2019 Dimajukan, Ada Penambahan Kuota Dari Arab Saudi
Ist
Suasana jemaah haji saat mengikuti salah satu rangkaian ibadah haji di tanah suci 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemeberangkatan calon jemaah Haji 2019 direncanakan akan dimajukan sehari sebelumnya.

Untuk embarkasi Batam, semula dijadwalkan Minggu, 7 Juli 2019 take off ke Arab Saudi dan harusnya sudah di Asrama sejak Sabtu 6 Juli 2019, dimajukan masuk asrama sejak Jumat 5 Juli 2019 berangkatnya pada Sabtu 6 Juli 1019 pukul 06.00 WIB untuk cloter pertama.

"Embarkasi Batam akan dimajukan keberangkatannya, tapi ini masih tentatif. Kami tetap koordinasi dengan pihak maskapai. Insya Allah semuanya siap," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, H. Muhajirin Yanis kepada Tribun di Gedung PIH Kota Batam, Rabu (26/6/2019).

Lantas kenapa berubah? Dalam perkembangannya Indonesia mendapat penambahan kuota dari Arab Saudi, maka ini berdampak kepada jadwal keberangkatan. Ada beberapa embarkasi yang berubah salah satunya Batam.

Vanessa Angel Divonis 5 Tahun Penjara, Sempat Menangis dan Ingin Pulang

Habib Rizieq Shihab Tampil Jelang Putusan MK, Tegaskan Sikap Berbeda dengan Prabowo

Sebut Ada Kelompok yang Tak Ingin Rekonsiliasi Jokowi dengan Prabowo, Moeldoko: Sudah Kami Petakan

Dirut bright PLN Batam Raih Penghargaan Industri Marketing Champion 2019 Sektor Infrastruktur

Hal ini diungkapkan saat Pelantikan Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Batam. Dirangkaikan sekaligus meal test tahun 1440 H atau 2019.

Secara institusi, lanjut Muhajirin, sebenarnya panitia yang dilantik ini sudah melaksanakan tugas masing-masing, tapi karena sudah menjadi amanah Undang - Undang (UU) maka pihaknya tetap harus membentuk dan melantik semua unsur yang ada.

Bikin Status WA Keren, Cek Kumpulan Kata-kata Bijak, Galau, Romantis, dan Terlucu 2019

Aksi PA 212 di Gedung MK Syarat Kepentingan Politik, Forum Dai Muda Kecam Politisasi Agama

BP Batam Optimalkan Wisata MICE Untuk Dongkrak Wisatawan di Kota Batam

Sempat Tolak Tuntutan Jaksa, Vanessa Angel Akhirnya Terima Putusan Hakim, Ini Katanya kepada Hakim

"Kami berharap pemberangkatan dalam pelaksanaan ibadah haji 2019 ini bisa berjalan dengan baik dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," katanya.

PPIH ini dari berbagai instansi sesuai dengan bidang masing-masing. Secara regulasi, keberangkatannya akan dimulai dari kakanwil penyerahannya kepada Gubernur, KKP, Kesehatan, Bandara dan Bea Cukai. Sesuai dengan bidang masing-masing. Ada yang dokumen, kesehatan, proses pemberian paspor, dan lainnya.

"Setelah melakukan pengukuhan kita melaksanakan meal test makanan berat ataupun ringan dari Saudi Airlans selama jemaah dalam penerbangan dari Batam menuju ke Arab Saudi," tuturnya.

Jemaah mendapat 2 kali makan dalam sajian yang panas setelah persiapan landing akan dibagikan snack yang berisi kue dan minuman. Hal itu dimaksudkan untuk mengisi luang sampai di Bandara Madinah maupun Jedah.

"Sembari menunggu bisa makan snack. Setelah memeriksa jenis sajian, ada sajian yang harus diganti dari yang sifatnya kemasan ke buah untuk menjaga proses pencernaan dari jemaah kita," katanya.

Ia menambahkan tak semua calon jemaah haji berusia muda melainkan sudah usia lanjut. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama selama di perjalanan, di Arab Saudi hingga ke tanah air.

Ditempat yang sama Kepala Kantor Wilayah Provinsi Kepri, H. Mukhlisuddin mengatakan untuk embarkasi Batam melayani 29 kloter untuk embarkasi Batam. Terdiri dari 4 Provinsi, diantaranya Jambi Kalbar Riau dan Kepri.

"Sesungguhnya Embarkasi Batam khusus berkenaan dengan asrama Haji masih menyewa dengan Bp Batam. Beberapa opsi yang ditawarkan supaya bisa embarkasi Batam punya asrma sendiri," katanya. (tribunbatam.id/Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved