Kabar Baik Jelang KTT G20 Osaka, Trump dan Xi Jinping Lakukan 'Gencatan Senjata' Terkait Tarif Baru

Keputusan Donald Trump untuk menunda tarif baru sebesar 25 persen adalah untuk menghormati Xi Jinping pada pertemuan pekan ini di KTT G20 Osaka.

Kabar Baik Jelang KTT G20 Osaka, Trump dan Xi Jinping Lakukan 'Gencatan Senjata' Terkait Tarif Baru
AP
Para kepala negara berpose pada pertemuan pertama KTT G20 Osaka, Jepang, Kamis (27/6/2019). KTT G20 akan dimulai secara resmi Jumat besok dan paling ditunggu-tunggu oleh seluruh dunia 

TRIBUNBATAM.ID - Sehari menjelang KTT G20 yang berlangsung di Osaka, Jepang, ada kabar baik yang bisa melegakan para pengusaha dunia yang cemas dengan perang dagang AS vs China.

Ke dua negara sepakat melakukan "gencatan senjata" atas ketentuan tarif baru yang hendak diterapkan untuk mendinginkan suhu pertemuan Prtesiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.

Tarif baru diperkirakan akan ditunda dan kedua belah pihak menyiapkan pernyataan terpisah, demikian dilansir TribunBatam.id dari South China Morning Post, mengutip pernyataan sumber.

Sumber tersebut mengatakan, keputusan Donald Trump untuk menunda tarif baru sebesar 25 persen adalah untuk menghormati Xi Jinping pada pertemuan pekan ini di Osaka.

Polisi Thailand Temukan 54 Karung Berisi 5 Juta Butir Ekstasi dan 154 Kilo Sabu di Gua Dalam Hutan

Donald Trump Mernambah Daftar Hitam Perusahaan Teknologi China Beberapa Hari Jelang KTT G20 Osaka

Sekitar 2.500 Wartawan Dunia Liput KTT Trump-Kim di Singapura. Dua Jurnalis Korsel Dideportasi

Hari Pertama KTT G7, Presiden Donald Trump Dikucilkan Para Koleganya Sendiri

KTT G20 Osaka digelar pada 28-29 Juni besok, dihadiri oleh 20 negara yang termasuk anggota G20, termasuk Indonesia, serta sejumlah negara peninjau yang diundang.

AS dan China secara tentatif menyetujui gencatan senjata lain dalam perang dagang mereka untuk melanjutkan perundingan yang bertujuan menyelesaikan perselisihan, kata sumber yang mengetahui situasi tersebut.

Rincian perjanjian tersebut dituangkan dalam siaran pers sebelum pertemuan antara Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump di Osaka, akhir pekan ini, menurut tiga sumber: satu di Beijing dan dua di Washington.

Prtesiden Jokowi di KTT G20 Osaka (Biro Pers Setpres)

Gencatan senjata itu akan mencegah putaran tarif berikutnya dengan tambahan tarif US $ 300 miliar impor China oleh AS, meliputi hampir seluruh jenis barang yang beredar di AS, termasuk kebutuhan rumah tangga.

Pemerintahan Trump sebelumnya mengancam akan menerapkan bea hingga 25 persen untuk seluruh produk asal China jika perundingan akhir pekan ini berjalan buntu.

"Perasaan Presiden Trump memjang selalu dapat berubah sewaktu-waktu," kata sumber itu. "Tapi kue gencatan senjata tampaknya sudah dipanggang."

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved