TANJUNGPINANG TERKINI

Prajurit TNI AL dan Pelajar Ikuti Aksi Serbuan Teritorial TNI 2019 di Kampung Wisata Tanjungpinang

Kegiatan Serbuan Teritorial yang tak kalah menariknya adalah budidaya ikan yang diselenggarakan di Kampung Sido Makmur Kelurahan Batu Sembilan, Kecama

Prajurit TNI AL dan Pelajar Ikuti Aksi Serbuan Teritorial TNI 2019 di Kampung Wisata Tanjungpinang
TRIBUN BATAM/ Wafa
Kegiatan budidaya lele dan Mangrove oleh Lantamal lV 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG -  Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah memimpin aksi lingkungan berajuk 'Serbuan Teritorial'.

Serbuan Terotorial digelar serentak di seluruh wilayah Komando Armada (Koarmada ) I, Jum’at (28/6/2019)

Kegiatan ini berupa penanaman 13.000 bibit mangrove atau bakau di kampung wisata, Kampung Bugis Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota.

Kegiatan diikuti oleh unsur TNI Polri, masyarakat setempat dan anak-anak pelajar SMP dan SMA.

Kegiatan Serbuan Teritorial yang tak kalah menariknya adalah budidaya ikan yang diselenggarakan di Kampung Sido Makmur Kelurahan Batu Sembilan, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang.

pada kegiatan budidaya ikan dilakukan penebaran bibit ikan lele sebanyak 50.000 ekor dan panen raya ikan lele sebanyak 1,5 ton serta diakhir dengan pelaksanaan tele conference oleh Danlantamal IV kepada Panglima Koramada (Pangkoarmada) I di Jakarta.

"Kegiatan Serbuan Teritorial TNI Tahun 2019 ini merupakan salah satu perwujudan dari tugas TNI Angkatan Laut, dalam upaya membantu pemerintah daerah.

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat pesisir dan pelestarian lingkungan hidup," ujar Danlantamal lV.

Lebih jauh dikatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove merupakan salah satu wujud nyata upaya mendukung program pemerintah dalam pelestarian lingkungan hidup kawasan hutan mangrove dan ekosistemnya.

"Secara fisik hutan mangrove berfungsi dan bermanfaat sebagai penahan abrasi pantai, penahan ombak, penahan angin,penahan peresapan air laut, menurunkan kandungan gas karbondioksida (Co2) di udara.

Kemudian secara biologi hutan mangrove berfungsi dan bermanfaat sebagai tempat hidup, berlindung, mencari makan dan asupan biota laut seperti ikan dan udang serta satwa liar lainnya seperti monyet, buaya muara, biawak dan burung," katanya lagi.

Sedangkan kegiatan budidaya ikan lele merupakan wujud peran serta TNI dalam memacu pemanfaatan Potensi Maritim sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu juga meningkatkan kearifan lokal yang pada akhirnya dapat meningkatkan ketahanan pangan di Provinsi Kepulauan Riau.

Selanjutnya orang nomor satu di Lantamal IV Tanjungpinang mengatakan pada akhir sambutannya mengatakan bahwa pemberdayaan wilayah pertahanan tugas ini pada hakekatnya adalah “Membantu pemerintah dalam menyiapkan potensi Nasional, menjadi kekuatan pertahanan negara yang disiapkan secara dini, meliputi wilayah pertahanan bersama kekuatan pendukungnya berupa Sumber Daya Nasional” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat tinggi Lantamal pemerintahan Kota dan masyarakat. (wfa).

Penulis:
Editor: Aminudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved