Gajian Tiba, Ini 3 Tips Mengatur Keuangan Pasca Liburan Lebaran.Salah Satunya Prioritas Lunasi Utang

gajian pertama usai Lebaran telah tiba, ini waktunya Anda untuk mengatur kembali keuangan agar bebas dari utang Lebaran.

Gajian Tiba, Ini 3 Tips Mengatur Keuangan Pasca Liburan Lebaran.Salah Satunya Prioritas Lunasi Utang
(SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi kondisi keuangan. 

TRIBUNBATAM.id - Tidak sedikit masyarakat yang lupa diri saat berbelanja di momen Lebaran. Efeknya, mereka tidak lagi punya tabungan dan mempunyai utang. Nah, gajian pertama usai Lebaran telah tiba, ini waktunya Anda untuk mengatur kembali keuangan agar bebas dari utang Lebaran.

Sebagian masyarakat sering kehilangan kendali mengontrol keuangan saat lebaran. Alhasil, dana tabungan mereka terkuras untuk memenuhi semua kebutuhan lebaran. Bahkan, ada sebagian masyarakat yang menggunakan kartu kredit atau mengajukan pinjaman untuk membayar tagihan belanjaannya.

Alhasil, setelah momen lebaran berlalu mereka dibuat pusing. Pertama, mereka tidak lagi mempunyai dana simpanan alias tabungan. Kedua, mereka mempunyai utang yang harus dibayar.

Fitri Agustina, Financial Planner One Shildt mengatakan tidak disarankan Anda menggunakan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan lebaran karena kebutuhan Anda tersebut bersifat konsumtif. Kalau sudah telanjur, bagaimana lagi?   

Gajian pertama usai Lebaran sudah tiba, kini saatnya Anda untuk mengatur kembali keuangan agar Anda tidak lagi dipusingkan utang dan simpanan yang terkuras habis kembali terisi.

Download MP3 Lagu Chungha Snapping dari Mini Album Flourishing

Filter Udara Mobil Wajib Dibersihkan Setiap 10 Ribu Kilometer, Agar Mesin Mobil Prima

Yamaha Luncurkan Lexi MAXI Signature, Lebih Elegan dengan Nuansa Warna Gold

Download MP3 Lagu Terbaru Band Noah 2019 Wanitaku di Android dan iPhone,Lengkap dengan Lirik Lagu

 

1. Prioritaskan melunasi utang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melunasi utang gara-gara pengeluaran Lebaran. Bila Anda tidak dapat melunasi seluruhnya dalam satu kali pembayaran. Anda dapat membayar utang tersebut dengan sistem cicilan.

Fitri menyarankan sebaiknya Anda mencicil utang dalam dua kali pembayaran agar tidak terlalu lama menanggung utang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan lebaran kemarin.

Khusus Anda yang menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan belanja saat lebaran lalu, wajib membayar tagihan kartu kredit secara penuh sebelum waktu jatuh tempo. Dengan demikian Anda tidak terkena bunga tagihan kartu kredit.  

Namun, kalau Anda merasa kesulitan untuk membayar tagihan secara sekaligus, bisa mencicil pembayarannya. "Usahakan Anda melunasi tagihan tidak sampai tiga bulan (tiga kali pembayaran)," kata Fitri. Ingat, Anda harus menanggung beban bunga kartu kredit yang cukup tinggi.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved