Donald Trump Catat Sejarah, Presiden AS Pertama yang Injakkan Kaki di Korea Utara

Donald Trump membuat sejarah menjadi presiden Amerika Serikat pertama yang menjejakkan kakinya ke Korea Utara

Donald Trump Catat Sejarah, Presiden AS Pertama yang Injakkan Kaki di Korea Utara
Reuters
Donald Trump dan Kim Jong-un menjejakkan kaki ke wilayah Korea Utara di zona bebas (DMZ) Korut dan Korsel, Senin (1/7/2019) 

TRIBUNBATAM.ID, PYONGYANG - Donald Trump kembali membuat sejarah dengan menjadi presiden Amerika Serikat pertama yang menjejakkan kakinya ke Korea Utara.

Hal itu dilakukan Donald Trump saat berkunjung ke zona demiliterisasi (DMZ) Korea, Minggu (30/6/2019), sehari setelah membuat kejutan pada KTT G20 Osaka.

Di Osaka, Donald Trump membuat kejutan ketika menghentikan perang dagang AS vs China, bahkan mencabut Huawei dari daftar hitam.

Trump disambut langsung oleh Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan berjabat tangan, sebelum melangkahkan kakinya melewati garis yang memisahkan kedua wilayah Korea sejak perang 1950-1953.

Kurangi Penderita Diabetes, Pemerintah Malaysia Kenakan Cukai Gula pada Minuman

Asiknya Demo Hong Kong. Dari Pasukan Payung, Kolektor Plastik Daur Ulang Hingga Spot Instagram

Perang Dagang AS vs China Berakhir Happy Ending. TRUMP: Perusahaan Bisa Dagang Lagi dengan Huawei

Trump kemudian berjalan beberapa langkah memasuki wilayah Korea Utara sebelum berhenti dan kembali berjabat tangan dengan Kim Jong Un.

Kedua pemimpin negara lantas kembali melangkah bersama ke wilayah Korea Selatan, di mana Presiden Moon Jae-in telah menanti dan ketiganya bergabung untuk foto bersama.

"Ini adalah hari yang sangat luar biasa bagi dunia dan merupakan kehormatan besar bagi saya untuk bisa berada di sini," kata Trump. "Sungguh ada banyak hal besar yang terjadi," tambahnya.

Pertemuan ketiga antara Trump dengan Kim Jong Un di zona demiliterisasi Korea itu terbilang mendadak.

Trump hanya menyatakan keinginannya bertemu dengan Kim Jong Un di DMZ melalui Twitter, pada Sabtu (29/6/2019), sesaat sebelum berangkat dari Jepang menuju Korea Selatan, usai pertemuan KTT G20.

Trump mengatakan ingin bertemu sebentar dan saling menyapa dengan Kim Jong Un, setelah pertemuan terakhir mereka di Hanoi, Vietnam di bulan Februari, yang tidak berjalan sesuai harapan.

Halaman
12
Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved