BINTAN TERKINI

Tak Harus Ciptakan Alat dan Mesin, 16 Peserta Bersaing Ikuti Lomba Teknologi Tepat Guna 2019 Bintan

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan menggelar Lomba Teknologi Tepat Guna 2019 yang dilaksanakan di GOR Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

Tak Harus Ciptakan Alat dan Mesin, 16 Peserta Bersaing Ikuti Lomba Teknologi Tepat Guna 2019 Bintan
TRIBUNBATAM.ID/ALFANDI SIMAMORA
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan menggelar lomba Teknologi Tepat Guna 2019 yang dilaksanakan di GOR Kawal, Kecamatan Gunung Kijang,Senin (1/7) kemarin. 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan menggelar Lomba Teknologi Tepat Guna 2019 yang dilaksanakan di GOR Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Senin (1/7/2019) kemarin.

Dalam gelar lomba Teknologi Tepat Guna 2019 tersebut diikuti sebanyak 16 peserta yang berasal dari sekolah, Posyantek dan Umum.

Dasar dari penyelenggaraan TTG adalah sebagai upaya pendekatan yang ampuh dalam mendorong percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat Desa.

Dalam laporan kepala Dinas DPMD Bintan Roni Kartika menyampaikan, dengan sentuhan TTG mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di Pedesaan.

TTG tidaklah selalu alat atau mesin, melainkan juga dapat berupa teknologi proses atau produk yang dapat menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan.

Untuk itu diharapkan para Kepala Desa dapat memanfaatkan kegiatan TTG tersebut untuk membantu dan melakukan sosialisasi atau memfasilitasi masyarakat.

"Terhadap pentingnya penenarapan teknologi tepat guna dalam pengelolaan potensi sumberdaya alam yang cukup melimpah di Desa, begitu juga dengan Pemerintah Kabupaten Bintan," ucapnya, Selasa (2/7/2019).

Tubuh Elandra Dwi Guna Dipenuhi Alat Medis Usai Jalani Operasi 19 Jam, Kenali 16 Gejala Kanker Otak

VIRAL Ayah Tawarkan Ginjal di Karimun, Begini Kondisi Terbaru Elandra Setelah Operasi Kanker Otak

Tumpukan Sampah Beracun hingga Banyaknya Pengidap HIV, Berikut 4 Poin Penting Hasil Reses DPRD Kepri

ILC Tayang Lagi Malam Ini, Begini Kata Karni Ilyas, Simak Streaming-nya di Sini

Ia juga menyampaikan, dengan TTG juga diharapkan akan mampu mengoptimalkan keberadaan masyarakat kelembagaan masyarakat yang telah terbentuk di Bintan khususnya Yaitu pos pelayanan teknologi tepat guna (Posyantek).

Fungai Posyantek tidak hanya sebagai sumber informasi dan promosi terkait dengan teknologi tepat guna melainkan juga agar mampu menjembatani masyarakat pengguna teknologi dengan sumber TTG.

"Kabupaten Bintan dengan beragam potensi kekayaan alam menunggu untuk di kembangkan, dikelola dan dimanfaatkan guna meningkatkan kesejahtraan masyarakat Desa di Kabupaten Bintan menuju Bintan gemilang," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bintan yang pada kesempatan tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Bintan, Adi Prihantara menyampaikan, kegiatan Lomba tersebut bentuk ajang kreatifitas dan inovasi di setiap Daerah khususnya di kabupaten Bintan.

Salah satu visi-misi Pemerintah Kabupaten Bintan adalah memberdayakan pemuda dan memberikan peluang kepada pemuda untuk berprestasi, mandiri dan berdaya saing.

"Salah satunya berprestasi dalam Teknologi tepat guna, Karena dalam pengembangan TTG juga infrastrukstrur bisa mendukung teknologi di Bintan," ucapnya.

Adi juga berharap agar bersama-sama dan bahu-membahu untuk meningkatkan Bintan Gemilang.

"Dalam lomba teknologi tepat guna tahun 2019 tingkat kabupaten Bintan akan di pilih juara 1, 2 dan 3 yang nantinya akan mewakili kabupaten Bintan pada ajang TTG tingkat provinsi Kepulauan Riau," katanya. (tribunbatam.id/alfandi simamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved