Malaysia Hentikan Ekspor Pasir Laut ke Singapura, Benarkah untuk Mengancam Reklamasi?

Malaysia mengikuti langkah Indonesia menghentikan ekspor pasir laut ke Singapura sehingga reklamasi negara pulau itu terancam.

Malaysia Hentikan Ekspor Pasir Laut ke Singapura, Benarkah untuk Mengancam Reklamasi?
Xinhua
Pasir laut untuk reklamasi wilayah pantai Singapura. Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.ID, KUALA LUMPUR - Malaysia mengikuti langkah Indonesia menghentikan ekspor pasir laut ke Singapura sehingga reklamasi negara pulau itu terancam.

Namun, Kuala Lumpur membantah bahwa larangan ekspor pasir laut dirancang untuk menghentikan Singapura dari memperluas daratannya.

Menteri Air, Tanah dan Sumber Daya Alam Xavier Jayakumar mengatakan bahwa pasir sungai masih diekspor ke negara tetangganya tersebut.

Sebelumnya, Kantor Berita Reuters menyebutkan bahwa larangan ekspor pasir laut tersebut diberlakukan karena Perdana Menteri Mahathir Mohamad marah karena tanah Malaysia digunakan untuk menambah ukuran Singapura.

Telkomsel Hadirkan kartuHalo Fast Track, Berikan Benefit Lebih Untuk Pelanggan

7 Menteri Ini Diprediksi Tetap Dipertahankan Jokowi di Periode Kedua, Adakah Menteri Susi?

Suhu Panas Landa Afrika, Asia Tengah dan Eropa. Mungkinkah Menyebar ke Indonesia? Ini Kata BMKG

"Tidak, tidak ada hubungannya dengan itu," katanya kepada wartawan di lobi parlemen, seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (4/7/2019).

Pada hari Rabu, sebuah artikel Reuters mengatakan Malaysia memberlakukan larangan tersebut pada 3 Oktober tahun lalu sebagai langkah yang dapat mempengaruhi rencana ekspansi Singapura di tanah reklamasi.

Pejabat pemerintah anonim yang dikutip dalam laporan itu mengatakan, larangan itu tidak diumumkan karena bisa memancing masalah diplomatik ke dua negara jiran itu.

Reuters juga mengutip Endie Shazlie Akbar, sekretaris pers Dr Mahathir, yang membantah langkah itu bertujuan untuk mengekang rencana ekspansi Singapura.

Menueut Endie, pihaknya melakukan hal itu untuk memberantas penyelundupan pasir ilegal.

Xavier mengatakan, larangan sekspor pasir laut karena alasan lingkungan dan tidak menargetkan negara mana pun.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved