Bintan Terkini

Usai Mengurus SIM, Warga Disuruh Mengisi Indeks Kepuasan Pelayanan. Hasilnya Melonjak Dua Kali Lipat

Setiap pemohon yang ingin mengurus pembuatan SIM baru maupun perpanjangan juga diarahkan untuk mengisi aplikasi IKM yang disediakan dilayar monitor

Usai Mengurus SIM, Warga Disuruh Mengisi Indeks Kepuasan Pelayanan. Hasilnya Melonjak Dua Kali Lipat
tribunbatam.id/alfandi simamora
Seorang warga saat melakukan identifikasi sebelum SIM diterbitkan di ruangan Satlantas Polres Bintan di kawasan Jago Tanjunguban, Kamis (4/7/2019) siang. 

TRIBUNBINTAN.id, BINTAN - Satlantas Polres Bintan setiap bulan makin meningkatkan Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) terhadap masyarakat.

Hal itu, dilakukan berdasarkan evaluasi dari penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) melalui aplikasi yang digunakan menggunakan layar sentuh yang disediakan di ruang tunggu pelayanan SIM.

Setiap pemohon yang ingin mengurus pembuatan SIM baru maupun perpanjangan juga diarahkan untuk mengisi aplikasi IKM yang disediakan dilayar monitor.

Imigran Asal Afghanistan Bikin Resah Warga Kawal di Bintan. Daeng Ibrahim Ultimatum Warganya

Adu Fitur Renault Triber vs Daihatsu Sigra vs Toyota Calya, Pilih yang Mana?

Cara Hadapi Debt Collector saat Tagih Utang, Ingatkan Merampas Barang Bisa Dipidana

Data dari monitor tersebut, polisi bisa melihat dan mengevaluasi sistem baik dari segi sarana prasarana, pelayanan hingga keramahan petugas yang melayani.

"Nah dari hasil evaluasi IKM yang kita sediakan itu, kita bisa melakukan pembenahan. Misalnya petugas kurang ramah, ya kita lakukan perbaikan," ujar Kasat Lantas Polres Bintan AKP Cut Putri Amelia Sari, Kamis (4/7/2019).

Cut juga memaparkan, dengan sistem perbaikan setiap bulannya, jumlah pemohon yang ingin mengurus SIM baru dan perpanjangan juga menunjukkan peningkatan yang luar biasa.

Hal itu diketahui dari perbandingan data pengurusan perbulannya di tahun 2018 dan tahun 2019.

Dimana di tahun 2018 rata-rata pengurusan SIM perbulannya hanya berkisar 250 hingga 300 pemohon.

"Nah kalau tahun ini, bisa mencapai 500 orang setiap bulannya.Lumayan ada peningkatan,"pungkasnya.

Sementara itu, dari pantauan TRIBUNBINTAN.id di bagian pelayanan SIM di kantor Satlantas Polres Bintan di kawasan Jago Tanjunguban, beberapa sarana dan prasarana memang terbilang memadai.

Mulai dari ruang tunggu yang dilengkapi dengan pendingin ruangan, sarana untuk warga disabilitas, tempat bermain anak serta ruang laktasi untuk ibu menyusui juga disediakan.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved