Giliran Anak Tiri Najib Razak Diseret Skandal 1MDB, Rp 3,5 Triliun untuk Produksi Film Hollywood

Satu persatu lingkaran dekat mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak diseret ke pengadilan terkait megakorupsi yang dikenal dengan skandal 1MDB.

Giliran Anak Tiri Najib Razak Diseret Skandal 1MDB, Rp 3,5 Triliun untuk Produksi Film Hollywood
EPA
Riza Aziz, anak tiri mantan PM Malaysia Najib Razak, produser film Hollywood yang didakwa terlibat megakorupsi Skandal 1MDB 

TRIBUNBATAM.ID, KUALA LUMPUR - Satu persatu lingkaran dekat mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak diseret ke pengadilan terkait megakorupsi yang dikenal dengan skandal 1MDB.

Riza Aziz, anak tiri Najib Razak dari pernikahan pertama istrinya, Rosmah Mansor, mulai didakwa di pengadilan Malaysia terkait skandal 1MDB.

Tidak main-main, duit perusahaan investasi 1 Malaysia Development Berhad yang mengalir ke kantong Riza Aziz diperkirakan mencapai US$ 247 juta atau sekitar Rp 3,5 triliun.

Pria berusia 43 tahun yang bernama lengkap Riza Shahriz Abdul Aziz ini didakwa menggelapkan uang dari skandal 1MDB untuk memproduksi film di Hollywood.

Sangkal Isu Cinlok berkali-kali, Shawn Mendes & Camila Cabello Malah Kepergok Gandengan Tangan Mesra

Pengusaha Mengeluhkan Soal Mahalnya Biaya Demurrage, Minta Dipercepat Re-ekspor Limbah Plastik

Skandal 1MDB - Mahathir Tolak Kompensasi Goldman Sachs Rp 3,5 Triliun: Itu Hanya Kacang Tanah

Departemen Kehakiman AS menyebutkan bahwa produksi film "Wolf of Wall Street" yang dibintangi Leonardo Dicaprio, "Jim Carrey's Dumb and Dumber To" serta "Daddy's Home" yang dibintangi Mark Wahlberg, diproduksi dari uang ilegal 1MDB ini.

Produser film dengan nama perusahaan Red Granite Picture ini bermufakat dengan seorang pengusaha bernama Jho Low yang saat ini masih buron.

Di pengadilan Amerika Serikat, Riza Aziz sudah mengakui perbuatannya dan bersedia mengembalikan uang haram tersebut, seperti Leonardo Dicaprio yang mengembalikan dua lukisan maestro serta artis cantik Miranda Kerr yang mendapat hadiah berlian dari Jho Low.

Begitu juga beberapa selebritis dunia yang kecipratan dana 1MDB juga sudah menyerahkan kembali hadiah yang mereka terima dari 

Riza Aziz (kiri), anak tiri Najib Razak yang dituduh memproduksi film Hollywood menggunakan dana hasil korupsi 1MDB
Riza Aziz (kiri), anak tiri Najib Razak yang dituduh memproduksi film Hollywood menggunakan dana hasil korupsi 1MDB (thecoverage.my)

1MDB adalah perusahaan investasi yang didirikan di masa pemerintahan Najib Razak tahun 2015 dengan tujuan untuk membiayai berbagai megaproyek di Malaysia.

Perusahaan yang dijamin oleh pemerintah Malaysia itu kemudian menerbitkan obligasi seebesar US$ 880 miliar atau sekitar Rp 112 triliun.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved