Perang Dagang, Warga Korea Selatan Mulai Serukan Boikot Produk Jepang

Petisi online mendesak Seoul untuk "membalas" Tokyo yang mengekang ekspor bahan-bahan berteknologi tinggi asal Korsel mengumpulkan 17.000 pendukung

Perang Dagang, Warga Korea Selatan Mulai Serukan Boikot Produk Jepang
indiatoday
Warga Korea Selatan menyerukan boikot produk Jepang, Jumat (5/7/2019), setelah Tokyo menghentikan pengiriman produk teknologi tinggi ke Korsel 

TRIBUNBATAM.ID, SEOUL - Setelah perang dagang AS vs China mulai mereda saat KTT G20 Osaka, kini dua negara bertetangga Jepang vs Korea Selatan yang terlibat perang dagang.

Seruan untuk memboikot produk-produk Jepang, mulai dari mobil, bir, hingga kosmetik semakin meningkat di Korea Seklatan.

Sebuah petisi online yang mendesak Seoul untuk "membalas" Tokyo yang mengekang ekspor bahan-bahan berteknologi tinggi asal Korsel mengumpulkan 17.000 pendukung dalam empat hari.

Petisi itu diposting di situs web kepresidenan Blue House pada hari Senin, setelah Jepang mengumumkan membatasi tiga bahan utama untuk membuat panel layar dan chip smartphone.

Gempa 6,4 SR Guncang California di Hari Kemerdekaan AS, Pemerintah Umumkan Kendaraan Darurat

Bukan Orang Mesir, Berikut Ini 5 Fakta Ratu Cleopatra yang Fenomenal, Kamu Sudah Tahu?

Disorot saat Salaman dengan Jokowi, Ini Sosok Syandria Kameron, Cicit Soekarno yang Curi Perhatian

Berawal dari keputusan pengadilan Korsel yang menghukum NipponSteel & Sumitomo Metal Corp Jepang (5401.T) harus memberikan kompensasi kepada empat warga Korea Selatan atas kerja paksa mereka selama Perang Dunia Kedua.

Keputusan ini direspons Jepang sebagai sesuatu tidak terpikirkan dan mulai membatasi ekspor produk-produk berteknologi tinggi ke perusahaan Korsel.

Merespons Jepang, Kepala kebijakan ekonomi Korea Selatan mengatakan pada hari Kamis bahwa ia tidak akan mengesampingkan tindakan balasan langsung terhadap Jepang bila Tokyo terus menahan pembatasan ekspor bahan-bahan berteknologi tinggi kepada perusahaan-perusahaan Korea Selatan dalam waktu lama.

"Menerapkan langkah-langkah yang sesuai terhadap Jepang tidak dapat dikesampingkan karena akan memakan waktu lama bagi Organisasi Perdagangan Dunia untuk menghasilkan kesimpulan," kata Menteri Keuangan Hong Nam-ki di radio seperti dilansir Reuters, Kamis (4/7/2019).

Di tengah meningkatnya pertikaian tentang kerja paksa antara Tokyo dan Seoul, Jepang pada Senin mengumumkan pembatasan yang lebih ketat pada ekspor tiga bahan yang digunakan dalam chip Korea Selatan dan tampilan smartphone.

Kontrol ekspor yang lebih ketat, yang mulai berlaku pada hari Kamis, dapat memperlambat proses ekspor hingga beberapa bulan, memukul raksasa teknologi Korea Selatan, seperti Samsung Electronics Co (005930.KS), SK Hynix Inc (000660.KS) dan LG Display (034220. KS).

SK Hynix, perusahaan semikonduktor terbesaqr ketiga di dunia yang terimbas langsung perang dagang Jepang vs Korea Selatan
Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved