KPPU: Proses perkara dugaan kartel tarif tiket pesawat akan ditentukan pekan depan

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyebutkan, kelanjutan proses perkara dugaan kartel tarif tiket pesawat akan ditentukan pada pekan depan.

KPPU: Proses perkara dugaan kartel tarif tiket pesawat akan ditentukan pekan depan
TRIBUNBATAM.ID/ARGIANTO DA NUGROHO
Sejumlah pelaku wisata menggelar aksi pawai keprihatinan menyusul kenaikan harga tiket pesawat dan bagasi berbayar yang membuat iklim wisata terganggu, Senin (11/2/2019) 

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyebutkan, kelanjutan proses perkara dugaan kartel tarif tiket pesawat akan ditentukan pada pekan depan.

Komisioner KPPU Guntur Saragih mengatakan, semua pihak terkait dugaan kartel harga tiket pesawat telah dipanggil dalam penyelidikan KPPU.

Nantinya, kelanjutan proses perkara ini akan diumumkan pada pekan depan, apakah akan dilanjutkan hingga persidangan atau dihentikan.

"Dugaan kartel tiket minggu depan akan ada ekspos," kata Komisioner KPPU Guntur Saragih, Senin (8/7/2019).

Sebelumnya, KPPU mengendus ada dugaan kartel pada penetapan tarif pesawat untuk penerbangan domestik.

Hal ini lantaran maskapai secara bersama-sama menaikkan dan hingga saat ini belum menurunkan tarif tiket meskipun pemerintah sudah menurunkan batas atas tarif pesawat.

Bila hasil penyelidikan KPPU menyatakan ada aksi kartel dalam pengaturan tarif tiket penerbangan domestik oleh para maskapai nasional, maka penyelidikan itu akan diteruskan ke tahap persidangan.

Bila persidangan memutuskan maskapai benar-benar melakukan aksi kartel, maka masing-masing maskapai akan menerima hukuman berupa denda maksimal Rp 25 miliar.

Sanksi ini sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Tidak Sehat.

Menhub Tunduk KPPU

Halaman
12
Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved