Tips Bikin Resume supaya Dilirik Manajer SDM, Ini Penjelasan Sang Ahli

Beberapa tahun yang lalu, saya terkejut menemukan resume yang benar-benar berhasil membuat saya terkesan

Tips Bikin Resume supaya Dilirik Manajer SDM, Ini Penjelasan Sang Ahli
SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK Ilustrasi CV. 

TRIBUNBATAM.id - Gary Burnison, CEO Korn Ferry, sebuah perusahaan konsultan global yang membantu perusahaan memilih dan merekrut talenta terbaik mengatakan dirinya pernah terkesima dengan susunan resume atau data diri seseorang.

Padahal dia mengaku telah menerima ribuan resume sepanjang karirnya, semuanya terlalu panjang, terlalu pendek, terlalu membosankan, terlalu banyak kesalahan ketik, terlalu sulit untuk dibaca, dan setiap tata letak yang bisa dibayangkan. Apalagi resume hanya berkontribusi 10 persen dari keputusan perekrutan.

"Beberapa tahun yang lalu, saya terkejut menemukan resume yang benar-benar berhasil membuat saya terkesan. Bahkan, itu adalah salah satu resume terbaik yang pernah saya lihat dalam 20 tahun perekrutan dan wawancara," kata Gary Burnison dikutip dari CNBC, Selasa (2/7/2019).

Inilah isi resume tersebut yang membuatnya menonjol dari yang lain:

Download Musik MP3 Andmesh Kamaleng Hanya Rindu di Android dan iPhone, Gudang Lagu Terpopuler 2019

Diperankan Yufei Liu, Film Disney Live-Action Mulan Tayang Maret 2020, Simak Trailernya

VIRAL Video, Gempa 7,1 SR Guncang California Saat Presenter Ini Live, Panik Tapi Tetap Melaporkan

Calon Orangtua Baru, Hal Inilah yang Harus Dipersiapkan Jelang Melahirkan

1. Mudah dibaca

Resume ini memiliki banyak ruang kosong dan panjangnya dua halaman. Inilah yang diharapkan jika Anda memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman.

Semuanya terorganisasi dengan baik: Penempatan garis tepat, nama perusahaan dicetak tebal, judul ditulis miring, dan rincian pekerjaan diatur dalam poin-poin. Tentu saja tidak ada kesalahan ketik tunggal yang dapat ditemukan.

"Saya suka pemilihan font-nya tidak mewah. Sementara kandidat lain membuang-buang waktu untuk memilih font. Saya tidak akan mempertimbangkan Times New Roman versus Calibri, tetapi saya akan mengatakan bahwa itu harus selalu sederhana dan mudah dibaca," kata Burnison.

2. Menceritakan sebuah kisah

Resume ini menceritakan tentang perjalanan karier kandidat. Tidak ada kesenjangan informasi, semua teratur dari atas ke bawah, ada kata "sebelum dan sesudah" yang jelas.

Halaman
1234
Editor: Rio Batubara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved