Trump Sesumbar Lagi: Iran Tak Kan pernah Bisa Dapatkan Senjata Nuklir

Teheran memperingatkan bakal meningkatkan produksi uranium dalam 60 hari ke depan jika tidak ada solusi konkret dari negara besar yang tersisa

Trump Sesumbar Lagi: Iran Tak Kan pernah Bisa Dapatkan Senjata Nuklir
EPA/AP
Presiden Iran Hassan Rouhani dan Presiden AS Donald Trump 

TRIBUNBATAM.ID, WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan Iran yang hendak menaikkan pengayaan uranium yang bisa melanggar perjanjian nuklir 2015.

Pekan lalu, Iran memutuskan membuat langkah mengejutkan dengan mengumumkan tidak akan mematuhi perjanjian yang ditandatangani dengan enam negara besar termasuk AS.

Pemicunya justru karena Trump mengumumkan AS bakal menarik diri dari perjanjian era pendahulunya, Barack Obama, dan menerbitkan sanksi ekonomi kepada Iran, Mei 2018 lalu.

Teheran kemudian memperingatkan bakal meningkatkan produksi uranium dalam 60 hari ke depan jika tidak ada solusi konkret dari negara besar yang tersisa.

Mahfud MD Ungkap Firasatnya Sebelum Meninggalnya Sutopo: Dia Beri Pesan yang Sangat Mendalam

HORE! Pemerintah Diskon Tiket Pesawat 50 Persen untuk 11.626 Kursi Mulai Kamis. Catat Jadwalnya

Pihak Swasta Pertanyakan Kemampuan Keuangan Orangtua Wali Murid, Banyak Pakai Mobil Pribadi

Dilansir CNN Senin (8/7/2019), Trump menuturkan Iran seharusnya lebih berhati-hati karena mereka memutuskan untuk menambah kapasitas uraniumnya.

"Mereka tentu punya alasan melakukannya yang tidak bisa saya sebut. Namun apa yang mereka lakukan tidak baik. Jadi, sebaiknya mereka berhati-hati," ujarnya.

Dalam konferensi pers Minggu (7/7/2019), Iran menyatakan mereka bakal menambah uranium di mana per Senin ini, level pengayaannya sudah mencapai 4,5 persen.

Klaim itu diberikan Behrooz Kamalvandi, juru bicara Organisasi Atom Iran kepada ISNA. Adapun jumlah yang disyaratkan dalam perjanjian 2015 adalah 3,67 persen.

Menurut Trump, Iran sudah melakukan hal buruk.

Presiden 73 tahun itu mengatakan cara Iran menginginkannya bisa membuat mereka memproduksi senjata nuklir. "Iran tak akan pernah mendapatkan senjata nuklir," tegas Trump.

Halaman
1234
Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved