HAJI 2019

Dua Anggota JCH Kloter 5 Asal Riau Batal Berangkat ke Tanah Suci, Satu Sakit Satu Lagi Mendampingi

Dua anggota Jemaah Calon kloter 5 asal Provinsi Riau, ditunda keberangkatannya ke tanah suci pada penerbangan karena alasan kesehatan.

Dua Anggota JCH Kloter 5 Asal Riau Batal Berangkat ke Tanah Suci, Satu Sakit Satu Lagi Mendampingi
ilustrasi info haji 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dua anggota Jemaah Calon Haji (JCH) Kelompok Terbang (Kloter) 5 asal Provinsi Riau, ditunda keberangkatannya ke tanah suci pada penerbangan Selasa (9/7/2019).

Satu orang karena sakit atas nama Azwir Ahmad Hasan bin Ahmad Nurdin (65), satu lagi pendampingnya, atas nama Nurkianis Dahlan Yahya binti Dahlan Yahya (63).

Ketua Kloter 5, Ahmad Jupendri Amriansyah mengatakan, dari daftar keberangkatan sementara mestinya ada 445 JCH yang berangkat. Namun setibanya di Embarkasi Haji Antara Riau, ada dua orang jemaah yang ditunda keberangkatannya.

"Sehingga jemaah yang berangkat 443 orang," kata Ahmad.

Hal ini juga dipertegas Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Yuhendri Syamsir Ali Akbar (perawat) yang berada di Kloter 5.

Dikatakan, jemaah yang ditunda keberangkatannya itu karena menderita penyakit Parkinson dan Diabetes Melitus (DM). Kloter 5 sendiri merupakan gabungan jemaah asal Kota Pekanbaru 256 orang dan Kota Dumai 187 orang.

Sepi Tanpa Disinggahi Angkutan Umum, Lihat Kondisi Memprihatinkan Terminal Muka Kuning Batam

Ngaku Wartawan, Seorang Pria Tak Berkutik Dibekuk Polisi Setelah Bawa Sabu di Batam

Harga Cabai Merah Rp 90 Ribu Per Kilogram di Pasar Maimun Karimun, Ini Kata Muhammad Yosli

BERSIAPLAH! PT Pegatron di Batamindo Batam Bakal Butuh 1.800 Karyawan Baru

Ahmad Jupendri mengatakan, pelepasan JCH Kloter 5 dilakukan secara resmi oleh Wali Kota Dumai, Zulkifli AS di Asrama Haji Embarkasi Antara Riau. Jemaah termuda usia 19 tahun atas nama Thasya Salsabila Makmur binti Makmur dan tertua atas nama Aminah Umar Abdullah binti Umar dan Yasma binti Abdul Muin dengan usia 81 tahun.

JCH Kloter 5 meninggalkan Bandara Hang Nadim pukul 10.01 WIB menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. Jemaah diperkirakan
tiba Madinah pada pukul 14.35 WAS.

Hingga Selasa, Embarkasi Haji Batam telah memberangkatkan 2.235 orang JCH ke tanah suci sebanyak 5 kloter.

Sementara itu ada kabar, seorang JCH asal Embarkasi Batam 2 bernama Khairil Abbas bin Salim (62) wafat pada Senin 8 Juli 2019 sekira pukul 14.30 Waktu Arab Saudi.

Menurut surat kematian (certification of death/COD), Khairil meninggal setelah mengalami gangguan hati dan jatuh.

Terhadap kebenaran kabar ini, Humas Media Center Haji (MCH) Embarkasi Batam, Syahbudi mengatakan, pihaknya masih menunggu data resmi dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

"Ya, kita menunggu data resmi dari Siskohat," ujar Syahbudi. (*/tribunbatam.id/dewiharyati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved