Dukung Germas, Dinkes Kepri Gelar Penyusunan Rencana Operasional Lintas Sektor di Anambas

Kebijakan pembangunan kesehatan saat ini mengalami pergeseran paradigma dari pendekatan kebutuhan (need based) ke arah pendekatan berlandaskan hak.

Dukung Germas, Dinkes Kepri Gelar Penyusunan Rencana Operasional Lintas Sektor di Anambas
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas Berpartisipasi di Pertemuan Penyusunan Rencana Operasional Dengan Lintas Sektor Dukungan Germas 

TRIBUNBATAM.ID - Kebijakan pembangunan kesehatan saat ini mengalami pergeseran paradigma dari pendekatan kebutuhan (need based) ke arah pendekatan berlandaskan hak (rights based).

Kesehatan adalah hak asasi manusia, maka negara berkewajiban untuk memenuhi bagi setiap warga negara.

Mengingat tantangan kesehatan saat ini, Kepulauan Riau menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi/menular, meningkatnya penyakit tidak menular atau (PTM) dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

Berdasarkan Hasil Riskesdas 2018, ada beberapa hal yang menjadi prioritas penanganan di Provinsi Kepulauan Riau antara lain 41,8 % Masyarakat di Kepri Kurang Aktifitas Fisik setiap hari, sedangkan angka Nasional berada di 33, 5 %.

Penyakit tidak menular seperti, Obesitas, Stroke, Diabetes Melitus juga masih harus diperhatikan lebih lanjut karena masih berada di atas angka nasional.

Hal ini tentu saja berdampak kepada meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah.

Menurunnya produktifitas masyarakat dan menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.

Mengingat hal tersebut untuk mendukung upaya pengendaliannya sangat dipengaruhi oleh peran serta masyarakat dan pemerintah dengan menggerakan masyarakat untuk hidup sehat atau (GERMAS) dengan cara melakukan aktivitas fisik secara teratur, mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan selalu menggunakan jamban sehat.

Untuk itu perlu mempercepat dan mensinergikan upaya promotif dan preventif hidup sehat yang memerlukan peran aktif seluruh komponen bangsa.

Maka Presiden RI menetapkan Inpres Nomor 1 Tahun 2017 Tentang “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)”.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved