Antisipasi Kecelakaan Lalu lintas, Simpang Kilometer 16 Akan Jadi Enam Sisi Jalan

Penataan jalan di persimpangan tersebut akan dibangun dalam enam sisi jalan yang memiliki bundaran di bagian tengah dari tiga simpang.

Antisipasi Kecelakaan Lalu lintas, Simpang Kilometer 16 Akan Jadi Enam Sisi Jalan
TRIBUNBATAM.id/alfandi simamora
Minibus bernomor polisi BP 1147 EQ yang melaju dari arah Tanjunguban ke Tanjungpinang menabrak trotoar di SPBU Kilometer 16, Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Jumat (14/6) pagi. 

TRIBUNBATAM.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri akan membangun dan menata jalan di persimpangan Kilometer 16 Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan.

Penataan jalan di persimpangan tersebut akan dibangun dalam enam sisi jalan yang memiliki bundaran di bagian tengah dari tiga simpang yang ada tepat di lampu merah Kilometer 16 itu.

"Jadi jalan ini nanti akan memiliki bundaran di bagian tengah yang memiliki enam sisi jalan,

baik itu jalan dari arah Trikora dua sisi, Bintan Buyu dua sisi dan dari Tanjungpinang dua sisi," terang Kepala Seksi (Kasi) Pengujian dan Peralatan Laboratorium pada Dinas PUPR Kabupaten Bintan, Harjanto kepada Tribun Batam, Jumat (12/7/2019).

Harjanto juga menuturkan, pada proses pembangunan jalan dan penataan persimpangan di Kilometer 16 sudah dimulai awal bulan Juli. Sejumlah alat berat juga sudah berada di lokasi.

Kabupaten Bintan siap berkompetisi terhadap ajang bergengsi Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) di tingkat Provinsi dan Nasional yang akan diadakan tahun 2019, Kamis (11/7/2019).
Kabupaten Bintan siap berkompetisi terhadap ajang bergengsi Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) di tingkat Provinsi dan Nasional yang akan diadakan tahun 2019, Kamis (11/7/2019). (TRIBUNBATAM.id/Alfandi Simamora)

Tak Rela Ditinggal Pergi, TKW Indonesia Dibunuh Pacarnya di Malaysia, Begini Kronologinya

KPK Sebut Masih Ada Pihak Lain yang Terlibat Dalam Kasus Suap Gubernur Kepri Nurdin Basirun

Bawa 13 Tas dari Rumah Dinas Gubernur Kepri, KPK Amankan Rp 3,5 Miliar, USD 33.200 & SGD 134.711

Letak Batam Jadi Daya Tarik Investasi, Komite Eropa-Rusia Kadin Beri Masukkan ke Helmy Helminton

Tidak hanya itu, proses perataan tanah untuk tahapan pembangunan pertama juga sudah dilakukan dengan pengujian kepadatan tanah, pada Jumat pagi.

Alat yang digunakan merupakan California Bearing Ratio (CBR).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika
Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika (TRIBUN Batam/Alfandi)

Alat ini dipakai untuk mengukur perbandingan antara beban penetrasi suatu lapisan tanah atau pengerasan terhadap bahan standar dengan kedalaman dan kecepatan penetrasi yang sama.

"Untuk hasilnya jalan sudah layak untuk dilanjut ke timbunan base coast," ucap Harjanto.

Harjanto juga menyampaikan, pembangunan dan penataan jalan di persimpangan jalan Kilomter 16 ini bertujuan untuk memperlancar arus kendaraan dari beberapa sisi.

"Bukan hanya itu, satu tujuan lainnya adalah untuk mengurangi angka kecelakaan akibat padatnya arus lalu lintas dari beberapa sisi jalan," tutur Harjanto.

Dia kemudian menambahkan, pembangunan dan penataan persimpangan jalan di kilometer 16 ini direncanakan akan selesai tahun 2019.

"Untuk anggaranya kalau tidak salah lebih kurang sekitar Rp 8 miliar," tutup Harjanto. (TRIBUNBATAM.id/Alfandi Simamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Thom Limahekin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved