Ingin Buka Usaha Namun Tak Ada Modal? Ini 2 Tips Untuk Mendapatkannya

Anda ingin membuka usaha sendiri namun belum mempunyai modal? Para financial planner akan berbagi tips mengumpulkan modal untuk membuka usaha.

Ingin Buka Usaha Namun Tak Ada Modal? Ini 2 Tips Untuk Mendapatkannya
Ilustrasi Menabung 

TRIBUNBATAM.id - Anda ingin membuka usaha sendiri namun belum mempunyai modal? Jangan khawatir, para financial planner akan berbagi tips mengumpulkan modal untuk membuka usaha.

Sebagian orang bermimpi mempunyai usaha sendiri alias menjadi entrepreneur. Fitri Agustina, Financial Planner OneShildt, bertutur bahwa orang ingin mempunyai usaha sendiri agar lebih fleksibel mengatur waktu kerja. Alasan lainnya, mereka ingin mendapatkan penghasilan lebih besar dari gaji menjadi seorang karyawan.

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com mengatakan setiap orang dapat membuka bisnis sendiri asalkan fokus untuk mewujudkannya. "Jangan sampai cuma ngomong doang tapi tidak ada actionnya," tambahnya.

Selain itu, Anda wajib mempunyai modal awal untuk mulai membuka usaha. Fitri dan Agustina sepakat bila ada dua cara untuk mengumpulkan modal pembukaan usaha.    

Tetap Murah di Tengah Harga Tiket Pesawat Mahal, Begini Strategi AirAsia

BI Diprediksi Belum Pangkas Bunga, IHSG Berpeluang Menguat Pekan Depan

HP ANDROID 2019 - Oppo A5s vs Samsung A20, Dibandrol Rp 1,9 Juta Dengan Dual Kamera Belakang

Ramalan Zodiak Besok Senin 15 Juli 2019, Pisces Dihantui Ketakutan, Libra Ketemu Calon Pacar\

 

1. Mengumpulkan modal dengan menabung

Cara pertama untuk mengumpulkan modal membuka usaha adalah dengan menabung. Anda harus menggunakan strategi ketika menabung untuk mengumpulkan dana pembukaan usaha.

Pertama, Anda harus mengetahui jumlah modal pembukaan usaha yang dibutuhkan. Kedua, Anda tentukan waktu pembukaan usaha. Ketiga, Anda bagi modal usaha yang dibutuhkan dengan waktu pembukaan usaha. Hasil pembagian tersebut merupakan nilai yang harus Anda tabung saban bulannya.

Contoh:

Total modal pembukaan usaha yang dibutuhkan Rp 200 juta

Target waktu pembukaan usaha 2024 (60 bulan ke depan)

Halaman
123
Editor: Rio Batubara
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved