BATAM TERKINI

TERUNGKAP! Ternyata Ini Penyebab Harga Cabai di Batam Melonjak

Harga cabai yang melonjak belakangan menjadi pembicaraan hangat terutama di Batam. Ternyata ini pemicu mahalnya harga cabai di pasar.

TERUNGKAP! Ternyata Ini Penyebab Harga Cabai di Batam Melonjak
KOMPAS/ALIF ICHWAN
Cabai 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Harga jual cabai merah di pasaran Batam sempat tembus di angka Rp 80 ribuan per kg.

Hingga saat ini, harga cabai merah itu bisa dibilang masih tinggi. Emak-emak pun menjerit dan berpikir keras untuk menyiasati konsumsi cabai merah di rumah.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kepri, Fadjar Majardi mengatakan, melonjaknya hargai cabai memang menjadi fenomena nasional.

Dari tempat produksinya, saat ini lagi turun, dan berimbas pada kenaikan harga cabai.

Diketahui, cabai yang beredar di Batam didatangkan dari luar daerah seperti Mataram, Yogyakarta dan daerah penghasil cabai lainnya.

"Jadi tak bisa kita turunkan harga cabai. Dari tempat produksinya memang lagi turun," ujar Fadjar, Selasa (16/7/2019), usai rapat koordinasi TPID di Gedung Wali Kota Batam.

Pengguna JPO Tembesi Lega Atap Diperbaiki, Warga: Tak Takut Lagi Saat Hujan Angin

Bali Garden Indonesia Batam Tawarkan Treatment Berbahan Alami Aroma Bunga & Buah

Tiap Hari Ruko Kock Meng di Nagoya Batam Tutup Jam 5 Sore, Ini Usaha yang Digelutinya

JADWAL Pemadaman Listrik di Batam, Selasa (16/7), Sekali Mati Lampu Durasi hingga 3,5 Jam

Upaya yang bisa dilakukan untuk itu, yakni menjaga agar harga cabai di pasaran tidak melonjak tidak terlalu tinggi. Dari tim, selalu memantau pergerakan harganya.

"Untuk langkah jangka pendeknya, kita jaga di distribusi. Tapi biasanya dari pedagang sudah pintar cari dimana yang murah," ujar pria yang juga menjabat Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kepri ini.

Meski disebut-sebut harga cabai di Batam meroket, Fadjar mengatakan, jika dibandingkan daerah lain, seperti Sumatera Utara (Sumut), harga cabai di Batam masih lebih murah.

"Kalau dibandingkan 2-3 bulan lalu memang sangat tinggi. Tapi coba dibandingkan harga di tempat lain," kata Fadjar. (tribunbatam.id/dewi haryati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved