Rekening Najib Razak di Bank Pakai Kode Khusus, Atas Permintaan Jho Low, Buron Skandal 1MDB

Kode khusus pada rekening Najib Razak atas permintaan pengusaha Low Taek Jho alias Jho Low yang saat ini masih buron terkait skandal 1MDB.

Rekening Najib Razak di Bank Pakai Kode Khusus, Atas Permintaan Jho Low, Buron Skandal 1MDB
Malay Mail/Miera Zulyana
Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak berjalan menuju ruang sidang dalam kasus korupsi SRC International, bagian dari skandal 1MDB di Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur, Rabu (17/7/2019) 

TRIBUNBATAM.ID, KUALA LUMPUR - Salah satu kasus yang diusut dalam kasus korupsi skandal 1MDB adalah terkait aliran dana ke rekening mantan Perdana Menteri Malaysia Naji9b Razak yang kini menjadi terdakwa.

Dalam persidangan di Pengadilan Tinggi Malaysia, Rabu (17/7/2019), seorang saksi mengatakan bahwa rekening Najib Razak di AmBank menggunakan kode khusus dengan pengawasan yang sangat ketat.

Kode khusus itu atas permintaan pengusaha Low Taek Jho alias Jho Low yang saat ini masih buron terkait skandal 1MDB.

Mantan direktur pelaksana AmBank Cheah Tek Kuang mengatakan bahwa kode tersebut bernama "AmPrivate Banking-MR" untuk akun lancar Najib Razak dengan nomor rekening 2112022009-694.

Sehari, Najib Razak Beli Perhiasan Rp 11,5 Miliar Pakai Kartu Kredit, Dibayar Oleh Orang Ini

Giliran Anak Tiri Najib Razak Diseret Skandal 1MDB, Rp 3,5 Triliun untuk Produksi Film Hollywood

Sidang Skandal 1MDB - Bank Ungkap Transfer Rp 210 Miliar ke Rekening Pribadi Najib Razak

Najib Razak membuka rekening tersebut pada 13 Januari 2011 dan para pejabat AmBank mendatangi kediaman Najib Razak untuk pembukaan rekening tersebut.

"Saya diberi tahu oleh Nona Joanna (pejabat AmBank) bahwa alasan nama menggunakan kode didasarkan pada permintaan yang dibuat oleh Jho Low yang meminta agar akun tersebut ditangani dengan kepercayaan yang paling ketat," katanya dalam kesaksiannya seperti dilansir TribunBatam.id dari Malay Mail.

Cheah adalah saksi ke-50 dalam persidangan Najib yang sedang berlangsung atas dugaan penyalahgunaan posisi, pencucian uang dan pelanggaran kepercayaan atas RM42 juta dana dari SRC International Sdn Bhd, anak perusahaan 1MDB.

Cheah mengatatakan bahwa Joanna Yu Ging Ping adalah seorang manajer penghubung AmBank yang awalnya memberitahukan kepadanya tentang niat Najib untuk membuka tabungan dan giro awal Januari 2011.

Menurut Cheah, Najib juga mengajukan permohonan untuk membuka rekening tabungan dalam formulir bertanggal 18 Januari 2011.

Dua formulir pembukaan rekening ditandatangani oleh Najib Razak.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved