Meskipun Mayoritas Kongres Sebut Donald Trump Rasis, Namun Tolak Impeachment

Namun, kecaman terhadap Presiden AS Donald Trump tersebut tidak berujung pada impeachment atau pemakzulan karena mayoritas anggota House menolaknya.

Meskipun Mayoritas Kongres Sebut Donald Trump Rasis, Namun Tolak Impeachment
KOMPAS.COM
Presiden AS Donald Trump 

TRIBUNBATAM.ID, WASHINGTON – Mayoritas anggota House of Representative atau kongres Amerika Serikat --terutama darui kubu Demokrat-- setuju bahwa pernyataan Donald Trump terhadap empat anggota parlemen wanita sebagai rasis.

Namun, kecaman terhadap Presiden AS Donald Trump tersebut tidak berujung pada impeachment atau pemakzulan karena mayoritas anggota House menolaknya.

Artikel pemakzulan yang diajukan oleh Al Green dari Texas ditolak oleh 332 anggota dewan, termasuk 137 koleganya dari Partai Demokrat yang sebenarnya punya suara mayoritas di parlemen.

Meski ditolak, tercatat sebanyak 95 anggota dewan atau hampir separuh kaukus Partai Demokrat mendukung resolusi ini.

Sidang Voting Rasis Trtump di Kongres Kisruh, Seluruh Demokrat Melawan, 4 Republik Membelot

Donald Trump Kini Lawan Emak-emak. Pernyataan Rasisnya Menyulut Amarah dan Ancaman Impeachment

Ini Dia Profil 4 Emak-emak yang Lawan Donald Trump. Galang Kekuatan Lengserkan Presiden

Angka ini jauh lebih tinggi dari perkiraan. Pada upaya pemakzulan yang juga pernah diusung oleh Al Green pada tahun 2017 hanya didukung oleh 58 anggota.

"Dunia sedang menyaksikan," kata anggota Demokrat John Lewis, pahlawan hak-hak sipil yang dipukuli di Selma pada 1960-an.

“Saya tahu rasisme ketika saya melihatnya. Saya tahu rasisme ketika saya merasakannya. Dan pada tingkat pemerintahan tertinggi tidak ada ruang untuk rasisme, 'katanya.

Usulan pemakzulan ini dipicu oleh tweet berbau rasis Presiden Trump kepada empat anggota kongres dari kalangan minoritas dan keturunan kulit berwarna.

Trump pada tweetnya, Minggu lalu menyatakan bahwa jika tidak keempat emak-emak itu boleh kembali ke negara asal.

Keempat wanita yang semuanya dari Demokrat tersebut adalah Alexandria Ocasio-Cortez (hispanik), Rashida Tlaib (keturunan Palestina), Ilhan Omar (kelahiran Somalia), dan Ayanna Pressley (Afro-Amerika).

Empat anggota kongres dari Partai Demokrat, Alexandria Ocasio-Cortez, Ayanna Pressley, Ilhan Omar dan Rashida Tlaib menggelar jumpa pers, menyerukan impechment terhadap pernyataan rasis Presiden AS Donald Trump
Empat anggota kongres dari Partai Demokrat, Alexandria Ocasio-Cortez, Ayanna Pressley, Ilhan Omar dan Rashida Tlaib menggelar jumpa pers, menyerukan impechment terhadap pernyataan rasis Presiden AS Donald Trump (AP)
Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved