Efek Lanjutan Penurunan Bunga, Rupiah Berpeluang Menguat

Kurs rupiah berpeluang melanjutkan penguatannya terhadap dollar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Senin (22/7/2019) besok.

Efek Lanjutan Penurunan Bunga, Rupiah Berpeluang Menguat
THINKSTOCKS/FITRIYANTOANDI
Ilustrasi rupiah 

TRIBUNBATAM.id - Kurs rupiah berpeluang melanjutkan penguatannya terhadap dollar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Senin (22/7/2019) besok.

Efek pemangkasan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia dinilai masih akan terasa bagi pergerakan rupiah di pasar.

Analis Monex Investindo Futures Ahmad Yudiawan mengatakan, keputusan BI yang menurunkan suku bunga acuan menjadi 5,75% pada Kamis (18/7) lalu mendapat respons positif dari para pelaku pasar.

Aliran modal asing pun kembali masuk ke pasar keuangan Indonesia. "Kemungkinan euforia pemotongan suku bunga acuan masih akan terasa di awal pekan depan," ujar dia.

IHSG Diprediksi Menguat Lagi di Awal Pekan, Begini Kata Analisis

Jangan Ketinggalan, Ini deretan film Marvel setelah Avengers: Endgame

Begini Kisah di Balik Hadirnya Toyota Supra Pakai Platform BMW Z4

Ramalan Zodiak Besok Senin 22 Juli 2019, Taurus Cinta Tak Berbalas, Gemini Lamaran

 

Dari eksternal, komentar salah satu pejabat Federal Reserve John Williams jelang akhir pekan lalu yang mendukung penurunan suku bunga acuan AS turut memberi angin segar bagi rupiah.

Yudi pun menilai, pidato-pidato dari petinggi The Fed akan sangat mempengaruhi arah rupiah dalam beberapa hari ke depan. Apalagi, agenda FOMC yang berlangsung akhir bulan nanti sudah semakin dekat.

Prediksi Yudi, rupiah berpeluang bergerak di kisaran Rp 13.870-Rp 14.000 per dollar AS pada esok hari.

Sebagai informasi, kurs rupiah di pasar spot ditutup menguat 0,16% ke level Rp 13.938 per dollar AS pada Jumat (19/7). Selama sepekan terakhir kurs rupiah spot menguat 0,49%.

Sedangkan kurs tengah BI rupiah menguat 0,45% ke level Rp 13.913 per dollar AS pada Jumat lalu. Adapun dalam sepekan, rupiah BI menguat 1,22%.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved