BATAM TERKINI

Permudah Distribusi Hasil Pertanian ke Batam, Pemko Siapkan Dermaga Roro Baru

Pemko Batam akan segera membuka dermaga khusus yang akan dijadikan tempat sandar kapal roro pengangkut hasil pertanian ke Batam.

Permudah Distribusi Hasil Pertanian ke Batam, Pemko Siapkan Dermaga Roro Baru
tribunbatam/aminnudin
Ilustrasi kapal roro 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Menindaklanjuti kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemko) Batam dengan 2 daerah penghasil pertanian, Pemko Batam akan segera membuka dermaga khusus.

Pelabuhan ini, nantinya akan dijadikan tempat sandarnya kapal roro yang berasal dari Tanjung Jabung Barat.

Jadwal kapal roro direncanakan 2 kali seminggu. Sehingga, jika disatukan dengan Pelabuhan Kapal Roro Punggur dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas lainnya.

"Kalau Punggur takut terganggu pasalnya bongkar muat itu bisa memakan waktu 3 sampai 5 jam. Apalagi waktu saya sidak kesana, kepala roronya bilang pak boleh tak bantu kami untuk menambah dermaga untuk roro," ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Pelabuhan khusus ini berada tidak jauh dengan Pelabuhan Roro Punggur. Sehingga transportasi darat juga perlu disiapkan.

"Kan ke belakangnya (Pelabuhan Roro) masih kosong rencana mau ditambah," kata Rudi.

Proses pengiriman bahan pangan ini tidak melibatkan banyak pihak. Sehingga bahan pangan sampai kepenjual dan konsumen tidak membutuhkan waktu yang lama dan menghindari adanya permainan harga.

Tarif Kirim Jenazah Pakai Pesawat dari Batam Sudah Turun, Cek Tarif di Sini

TERUNGKAP! Ternyata Ini Tujuan KPK Datangi Gedung BP Batam

Isdianto Ingatkan Janji Jokowi Soal Megaproyek Jembatan Batam ke Pulau Bintan

KABAR GEMBIRA! Jalan Sei Temiang Batam Dilebarkan Tinggal Tunggu Diaspal

"Saya minta kerjasama ini segera dilaksanakan. Akan dikontrol oleh pemerintah langsung. Tak boleh terlalu banyak meja. Nanti banyak meja hitam gelap pula disitu," tuturnya

Rudi tampak menyambut baik kerjasama dengan 2 area penghasil ini. Tandatangan sudah dilakukan, ia meminta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) segera menjalankan prosesnya, agar kebutuhan sembako di Batam bisa terpenuhi.

"Kerjasama ini memang ditunggu-tunggu oleh Batam. Apalagi Batam inikan area industri dan wisata. Secepatnya bahan pangan segera dikirim. Kalau tidak inflasi ini jadi masalah," katanya. (tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved