Seperti di Film Sci-fi, Elon Musk Ingin Pasang Chip di Otak Manusia

Ia ingin memasang chip komputer sekaligus berbagai kabel ke dalam otak manusia.

Seperti di Film Sci-fi, Elon Musk Ingin Pasang Chip di Otak Manusia
ist
Elon Musk 

TRIBUNBATAM.id - Bos Tesla, Elon Musk meluncurkan proyeknya yang paling menyerupai cerita film bergenre sci-fi. Ia ingin memasang chip komputer sekaligus berbagai kabel ke dalam otak manusia.

Seperti diberitakan CNN, Musk berharap implan yang diciptakan oleh startup yang ia dirikan yakni Neuralink, dapat membantu orang lumpuh untuk mengendalikan ponsel cerdas pada suatu saat nanti. Bahkan mungkin membuat seseorang bisa melakukan telepati.

Alat ini akan mengumpulkan sinyal listrik yang dikirim oleh otak dan menafsirkannya sebagai tindakan.

Begini Nasib 2.670 Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Diblokir Pasca-error

Ramalan Zodiak Besok Selasa 22 Juli 2019, Aries Waspada, Taurus Dapat Bonus, Pisces Khawatir

Tak hanya Produksi Hape, Xiaomi Kenalkan Jam Tangan Mekanik Dengan Desain Transparan

5 Tips Membeli Mobil Baru di Pameran Otomotif GIIAS 2019

 

Neuralink, yang didirikan pada tahun 2016, telah menguji versi awal dari kabel implan ini pada tikus. Musk mengatakan uji coba terhadap manusia dapat dimulai pada akhir tahun depan, meskipun perusahaan belum memiliki persetujuan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS untuk studi semacam itu. 

Dan perlu dicatat, Musk yang juga CEO SpaceX, memiliki sejarah dalam membuat klaim teknologi yang aneh seperti keyakinannya untuk bisa membawa manusia ke planet Mars dalam 4 tahu.

Janji Neuralink tentang perangkat yang terhubung dengan otak dan bila dilihat dari luar bentuknya seperti alat bantu dengar, sangat menarik bagi para ilmuwan yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengerjakan teknologi semacam ini.

"Gagasan umum dan motivasi mereka, saya pikir sangat tepat," kata Andrew Schwartz, seorang profesor neurobiologi di University of Pittsburgh.

Dan pada kenyataannya, sejumlah pakar mengatakan bahwa Neuralink dapat menjadi anugerah bagi orang-orang dengan kondisi seperti quadriplegia.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved