BATAM TERKINI

Setiap Hari, Dinas Lingkungan Hidup Batam Angkut 1.000 Ton Sampah Rumah Tangga

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam mengangkut 950 hingga 1000 ton sampah dari masyarakat (Sampah Rumah Tangga) setiap harinya.

Setiap Hari, Dinas Lingkungan Hidup Batam Angkut 1.000 Ton Sampah Rumah Tangga
TRIBUNBATAM.id/Dipa
Sampah berserak di sekitar bahu jalan raya sekitar Taman Yasmin Kebun, Kecamatan Nongsa, Kota Batam. Sampah-sampah ini merupakan jenis sampah rumah tangga. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam mengangkut 950 hingga 1000 ton sampah dari masyarakat (Sampah Rumah Tangga) setiap harinya.

"Tentu ini menjadi tanggungjawab kita bersama. Tidak hanya pemerintah, seluruh elemen, termasuk masyarakat harus benar-benar peduli dengan masalah ini," kata Kepala Bidang (Kabid) Persampahan DLH Kota Batam, Faisal, Senin (22/7/2019) siang.

Faisal juga menuturkan, sampah-sampah tadi tak hanya ditemui di beberapa ruas jalan raya.

Bahkan, menurutnya lagi, sampah-sampah ini juga ditemui di sekitar bibir pantai.

"Pantai itu objek wisata, jadi sangat disayangkan jika sampah berserakkan di sana," tegasnya.

Faisal mengakui, sejauh ini pihaknya telah berkoordinasi maksimal kepada tiap pihak, baik kelurahan maupun kecamatan di Kota Batam.

Dengan koordinasi ini, Faisal berharap, pihak kelurahan dan kecamatan juga dapat memainkan peran sebagai pengawas dan pembina bagi masyarakat sekitar.

Terkait peran itu, Faisal mengatakan, telah dilimpahkan wewenangnya oleh Walikota Batam kepada camat sejak awal tahun 2017 lalu.

Permudah Distribusi Hasil Pertanian ke Batam, Pemko Siapkan Dermaga Roro Baru

Tarif Kirim Jenazah Pakai Pesawat dari Batam Sudah Turun, Cek Tarif di Sini

Sopir Truk Tembak Mati Pemalak di Simpang Lampu Merah, Mayatnya Dibiarkan Tergeletak di Jalan

TERUNGKAP! Ternyata Ini Tujuan KPK Datangi Gedung BP Batam

"Tetap, untuk sanksi bagi oknum tak bertanggungjawab yang kedapatan membuang sampah di pantai akan kita tindak sesuai Perda Nomor 11 Tahun 2013 tentang Kebersihan dan Persampahan. Di sana jelas dendanya," terang Faisal lagi.

Untuk upaya terhadap permasalahan sampah di Kota Batam, menurutnya, DLH telah melakukan berbagai upaya seperti gotong royong di tingkat kota, dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional.

Halaman
12
Penulis: Dipa Nusantara
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved