ATB – BP Batam Festival Hijau 2019, Kemasan Baru Lebih Seru

Tahun 1978, Sekupang dan sekitarnya merupakan pusat pemerintahan dan pengembangan pemukiman oleh Otorita Batam yang kini berubah jadi BP Batam.

ATB – BP Batam Festival Hijau 2019, Kemasan Baru Lebih Seru
ist
ATB BP Batam Festival Hijau akan digelar 27-28 Juli 2019, ATB mengemas kegiatan festival hijau lebih menarik dan edukatif, kemasan baru yang lebih seru. 

TRIBUNBATAM.id - Dam Sei Harapan memiliki panjang 250m, tinggi 17m dan lebar 9m dengan luas daerah tangkapan air mencapai 993,02 hektare, luas permukaan 87,64 hektare, luas genangan 75 hektare serta kemampuan abstraksi air baku mencapai 210 lps.

Sejak awal pembangunannya, Dam Sei Harapan salah satu waduk andalan di kota Batam. Tahun 1978, wilayah Sekupang dan sekitarnya merupakan pusat pemerintahan dan pengembangan pemukiman oleh Otorita Batam yang kini berubah jadi BP Batam.

Krisis air bersih sudah dua kali melanda Dam Sei Harapan. El Nino di 2015 dan kekeringan akibat kemarau panjang disertai sedimentasi parah tahun ini, membuat pelanggan yang disuplai dari Dam Sei Harapan harus mengalami penggiliran air bersih.

Kondisi daerah tangkapan air yang memprihatinkan di sekitar dam tersebut, menjadi pertimbangan utama ATB memusatkan kegiatan penanaman pohon di hutan Dam Sei Harapan.

Upaya konservasi lingkungan dan sumber daya air tidak hanya sebatas menggalakkan gerakan menanam pohon saja. ATB bersama BP Batam dan Komunitas Budaya Mangrove mencanangkan program ATB-BP Batam Festival Hijau yang berbeda dari sebelumnya. Tahun ini, bibit pohon yang telah ditanam di hutan sekitar Dam Duriangkang dan Dam Sei Harapan akan mendapatkan perawatan pasca tanam sebagai langkah reforestasi yang berkelanjutan.

Pasca penanaman saat ATB-BP Batam Festival Hijau yang akan digelar 27-28 Juli 2019 nanti, akan dirawat setidaknya hingga satu tahun ke depan untuk memastikan bibit pohon tumbuh dengan baik sehingga upaya konservasi lingkungan dan air lebih efektif.

ATB juga mengemas acara Festival Hijau menjadi lebih menarik dan edukatif. Tidak hanya sebagai sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang lingkungan saja. Namun ATB-BP Batam Festival Hijau 2019 merambah hingga ke aspek kesehatan dan pendidikan.

 Bertempat di Atrium Kepri Mall, Sabtu (27/7), masyarakat akan disuguhkan dengan beragam lomba seperti Lomba Mewarnai Kategori TK-SD, Lomba Modern Dance Kategori SMA/SMK, Lomba Solo Vokal Kategori SMP/SMA/SMK, Lomba Kreasi Jingle Kategori SMA/SMK dan Lomba Fotografi Kategori SMA/SMK/Mahasiswa.

ATB juga akan menghadirkan sesuatu yang berbeda. Tahun ini, akan ada program ATB Bercerita yang akan mengedukasi anak-anak mengenai pentingnya konservasi lingkungan dengan mendongeng. ATB berharap para orangtua dapat mengajak anak-anak mereka untuk mengikuti kegiatan ATB-BP Batam Festival Hijau 2019, karena kesadaran untuk menghemat air harus ditanamkan sejak kecil demi masa depan generasi mendatang.

Helatan ATB-BP Batam Festival Hijau tahun ini akan dipenuhi kegiatan menarik yang belum pernah ada sebelumnya. Salah satunya adalah talkshow Kopi Benny yang menghadirkan Presiden Direktur PT Adhya Tirta Batam (ATB), Benny Andrianto sebagai narasumber.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved