BATAM TERKINI

Jika Tak Ada Lahan, Lahan Fasum Milik Developer Bisa Disulap Jadi Bangunan Sekolah

BP Batam mengungkapkan, jika Pemko Batam kesulitan mendapatkan lahan untuk pembangunan sekolah baru bisa menggunakan lahan fasum milik developer.

Jika Tak Ada Lahan, Lahan Fasum Milik Developer Bisa Disulap Jadi Bangunan Sekolah
TRIBUNBATAM.ID/IAN SITANGGANG
Ilustrasi pembangunan sekolah baru 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam siap mencarikan lahan untuk kebutuhan sekolah di Batam. Hanya saja, pengajuan lahan itu diminta jauh-jauh hari alias jangan mendadak.

"Masalahnya dikoordinasi saja," kata Kepala Kantor Lahan BP Batam, Imam Bachroni, Selasa (23/7).

Persoalan yang kerap terjadi, setelah ada anggaran untuk membangun sekolah, baru pengajuan lahannya dimohonkan. Menurut Imam, perencanaan untuk pembangunan sekolah baru ini paling tidak dibicarakan 5 tahun sebelumnya.

"Mestinya ngomong 5 tahun nanti, butuh ruang kelas berapa, dimana saja," ujarnya.

Dengan begitu, BP Batam juga bisa mencari alternatif untuk memenuhi kebutuhan lahan sekolah di Batam. Jika tidak ada lahan yang cukup di suatu daerah, bisa memanfaatkan lahan untuk fasilitas umum (fasum) yang sudah diberikan BP Batam ke pengembang.

"Lahan-lahan untuk fasum developer itu dikumpulkan. Bisa dijadikan lahan untuk bangun sekolah. Jadi banyak alternatifnya," kata Imam.

Ada dua pengajuan lahan untuk pembangunan sekolah setingkat SMA/SMK di Batam yang disetujui Badan Pengusahaan (BP) Batam, 2018 lalu.

Hari Ini, Rabu (24/7) KPK Bakal Periksa 8 Saksi Terkait Kasus Nurdin Basirun di Polresta Barelang

DPR RI Desak Aparat Batam Kasus Sampah Tercemar B3 Diproses Secara Hukum

Delegasi Rusia Lirik Industri Shipyard Batam, Minati Kerjasama Teknologi Buat Kapal

CUACA HARI INI - Waspada Hujan Lokal di Batam, Cek Lokasinya di Sini!

Kepala Kantor Lahan BP Batam, Imam Bachroni mengatakan, seingatnya lahan itu berada di kawasan Batuaji, satu lagi di Punggur, Kecamatan Nongsa.

"Mestinya tahun ini (2019) dibangun. Tapi saya nggak tahu, apa sudah dibangun atau belum. Sepertinya belum dibangun," kata Imam, Selasa (23/7/2019).

Diakuinya, lahan yang diberikan itu masih lahan mentah. Untuk pembangunannya, mesti dimatangkan dulu, dan lain sebagainya.

"Tapi intinya, banyak alternatiflah (cari lahan untuk bangun sekolah di Batam). Asalkan jangan mendadak," ujarnya.

Untuk kebutuhan pembangunan sekolah di Batam tahun depan, Imam mengatakan, pihaknya belum mendapat pemberitahuan, baik dari Pemerintah Kota Batam maupun Pemerintah Provinsi Kepri. Padahal waktunya, tinggal beberapa bulan lagi.

"Tahun 2020, kita belum tahu berapa yang dibutuhkan, belum ada (permohonan lahan) yang masuk ke kita," kata Imam. (tribunbatam.id/dewi haryati)

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved