Masalah Air Bersih Ancam Warga Anambas, Begini Strategi Abdul Haris Atasi Krisis Air

Ketersediaan air bersih yang terbatas di Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepri jadi perhatian serius Bupati, Abdul Haris.

Masalah Air Bersih Ancam Warga Anambas, Begini Strategi Abdul Haris Atasi Krisis Air
TRIBUNBATAM.id/Septyan Mulia Rohman
Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Imran (kiri) dan Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - ‎Ketersediaan air bersih yang terbatas di Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepri jadi perhatian serius Bupati, Abdul Haris.

Dia memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman untuk mencari solusi terkait hal itu.

Langkah awalnya menyediakan kantong-kantong air yang ditempatkan pada sejumlah titik, bakal dilakukan untuk ‎mengatasi persoalan air bersih yang terus terjadi setiap tahun.

Pembangunan jangka menengah adalah membangun dua embung (bak penampungan air), dikebut untuk menjaga ketersediaan air bersih.

Selain membangun embung, Pemerintah Daerah telah menggelontorkan dana sekitar Rp 28 miliar untuk membangun SPAM di Kecamatan Siantan.

Pembangunan proyek ini dikerjakan dengan sistem tahun jamak (multiyears‎) pada masa kepemimpinan Tengku Mukhtaruddin dan Abdul Haris.

Ingin Putus Jaringan Peredaran Narkoba di Karimun. Satgas TMMD 2015 Sosialisasi ke Pelajar

Gara-gara Tak Punya Modal Untuk Menikah, Pemuda di Indramayu Nekat Gantung Diri

Kota Tanjungpinang Dapat Penghargaan Kota Layak Anak, Rahma Ajak Masyarakat Jaga Rasa Aman pada Anak

Kisah Yusuf Maulana Abdullah, Anak Tukang Ojek Jadi Perwira TNI, Yusuf: Ini Kehendak Allah

Data dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sarana Prasarana Air Minum (SPAM) Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman Anambas menyebutkan, terdapat tiga sumber air untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga Pulau Siantan.

Dua sumber air di Gunung Samak dan Gunung Lintang pelayanannya langsung dialirkan untuk permukiman warga di Kelurahan Tarempa, Desa Tarempa Barat dan Desa Sri Tanjung.

Bupati Anambas, Abdul Haris saat mengukuhkan anggota Satlinmas di BPMS Senin (11/2/2019). Tribun/Septyan Mulia Rohman.
Bupati Anambas, Abdul Haris saat mengukuhkan anggota Satlinmas di BPMS Senin (11/2/2019). Tribun/Septyan Mulia Rohman. (TRIBUNBATAM.id/Septyan Mulia Rohman)

Sementara untuk sumber air di Batu Tabir untuk pelayanan Desa Tarempa Selatan.

Air bersih yang berasal dari sumber mata air tersebut, selanjutnya ditampung pada empat tanki dengan jumlah keseluruhan volume mencapai 1.200 kubik.

Halaman
12
Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Thom Limahekin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved