Peduli Sistem Kesehatan Nasional, Dinkes Kepri Gelar Sosialisasi Bersama SDM Kesehatan

Dinas Kesehatan Kepri menggelar pertemuan dengan pihak-pihak terkait untuk membahas Sistem Kesehatan Nasional.

Peduli Sistem Kesehatan Nasional, Dinkes Kepri Gelar Sosialisasi Bersama SDM Kesehatan
ISTIMEWA
Dinas Kesehatan Kepri Berpartisipasi di Sosialisasi Peduli Sistem Kesehatan NasiONAL Bersama SDM Kesehatan 

TRIBUNBATAM.id - Informasi Kesehatan merupakan jiwa pembangunan kesehatan, untuk itu dalam rangka pelaksanaan bentuk dan cara penyelenggaraan pembangunan kesehatan tersebut Dinas Kesehatan Kepri menggelar pertemuan dengan pihak-pihak terkait untuk membahas Sistem Kesehatan Nasional.

Pada Sistem Kesehatan Nasional, didukung oleh beberapa sub sistem, salah satu di antaranya sub sistem Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDM Kesehatan).

Sub sistem SDM Kesehatan memberikan fokus penting pada pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan guna menjamin ketersediaan, pendistribusian, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia kesehatan.

Pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan meliputi perencanaan kebutuhan dan program sumber daya manusia yang diperlukan, pengadaan yang meliputi pendidikan tenaga kesehatan dan pelatihan sumber daya manusia kesehatan, pendayagunaan sumber daya manusia kesehatan, termasuk peningkatan kesejahteraannya, dan pembinaan serta pengawasan mutusumber daya manusia kesehatan.

Berkaitan dengan hal tersebut, penyediaan data dan informasi SDM Kesehatan menjadi sangat penting, oleh karena itu diperlukan kegiatan validasi data SDM Kesehatan secara berkesinambungan dan berjenjang dari Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Pusat.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang mengalami kemajuan pesat juga perkembangan regulasinya, setiap wilayah telah diwajibkan untuk mempublikasikan informasi kesehatan tersebut dalam media cetak, maupun elektronik.

Pada tingkat pusat tertuang dalam Permenkes Nomor 64 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kesehatan, Badan PPSDM Kesehatan mempunyai tugas pokok dan fungsi melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan.

Sejalan dengan semangat otonomi daerah, maka ini menjadi bagian dan tanggung jawab dari pemerintah, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalam perencanaan, pengadaan, pendayagunaan, pengawasan dan pembinaan SDM Kesehatan sesuai kewenangannya masing- masing.

Hal tersebut sangat perlu didukung dengan data dan informasi SDM Kesehatan yang lengkap, valid dan tepat waktu.

Setiap perkembangan yang terjadi di seluruh wilayah juga perlu didokumentasikan sehingga perlu disusun dokumen data dan informasi pengembangan dan pemberdayaan SDM Kesehatan.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved