Breaking News:

Dulu Cita-cita Anak-anak Ingin Jadi Astronot, Kini Mau Jadi YouTuber Profesional

Menurut sebuah studi, anak kecil saat ini cenderung memilih jadi YouTuber profesional ketimbang astronot.

Editor: Rio Batubara
Drupal 4U
YouTube. 

TRIBUNBATAM.id - Masih ingatkah ketika Anda ditanya apa cita-cita Anda saat besar nanti? Tentu dengan sigap Anda menjawab jadi astronot, dokter, atau bahkan guru. Namun saat ini, cita-cita anak kecil di masa lawas itu berubah.

Menurut sebuah studi, anak kecil saat ini cenderung memilih jadi YouTuber profesional ketimbang astronot. Ini tentu disinyalir karena akrabnya milenial dengan gadget atau benda digital lainnya.

Dikutip CNBC, Kamis (25/7/2019), Perusahaan produksi mainan, Lego, mensurvei 3.000 anak-anak berusia antara 8-12 tahun dari As dan Cina, serta 326 orang tua yang memiliki anak berusia antara 5-12 tahun.

Dari hasil survey tersebut, hampir sepertiga dari anak-anak dalam survei mengatakan mereka ingin menjadi YouTuber ketika mereka tumbuh dewasa, sementara 11 persen lainnya mengatakan ingin menjadi astronot.

Cerita Dirut Citilink Paska Memberikan Diskon Tiket, Ludes Terjual!

Motor Tiba-tiba Mati Saat Menembus Hujan? Cek Bagian Ini

HP Android TERBARU 2019 - Spesifikasi Xiaomi Mi A3 dan Xiaomi Redmi Note 7 Pro, Harga Hampir Sama

Ramalan Zodiak Cinta Besok, 26 Juli 2019, Taurus Sering Mengoda, Virgo Tebar Pesona, Pisces Romantis

 

Namun, tanggapan ini bervariasi tergantung dari mana anak-anak berasal. Cita-cita menjadi YouTuber professional atau vlogger mendapat peringkat aspirasi teratas di Amerika. Sementara di China, cita-cita jadi astronot masih menjadi yang paling populer.

Penelitian itu menyebutkan, di China 3 dari 4 anak (96 persen) percaya manusia pada akhirnya akan hidup di luar angkasa atau di planet lain. Itulah sebabnya mereka lebih banyak memilih astronot. Sementara di Inggris hanya sekitar 63 persen dan di Amerika sekitar 68 persen.

Ketika ditanya apakah mereka ingin pergi ke luar angkasa, 95 persen anak-anak China mengatakan "ya", dibanding AS dan Inggris yang masing-masing 70 persen dan 63 persen.

Sedangkan di survei lainnya (survey Fartherly 2017) terhadap 1.000 anak-anak AS di bawah usia 12 tahun menemukan, sebagian besar anak ingin menjadi dokter ketika besar, diikuti oleh dokter hewan, insinyur, petugas polisi, atau guru.

Adapun cita-cita karir teratas anak-anak di AS dan Inggris, antara lain:

1. Vlogger/youtuber

2. Guru

3. Atlet profesional

4. Pemusik

5. Astronot

Sedangkan, cita-cita karir teratas anak-anak di China antara lain:

1. Astronot

2. Guru

3. Pemusik

4. Atlet profesional

5. Vlogger/youtuber.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved