BATAM TERKINI

Yotje Mende dan Basaria Capim KPK Pernah Tangani Kasus Besar Ini Semasa Bertugas di Polda Kepri

Dari 104 deretan nama calon pimpinan (capim) Pimpinan KPK yang lulus tahap administasi, terdapat dua nama yang pernah tugas di Polda Kepri.

Yotje Mende dan Basaria Capim KPK Pernah Tangani Kasus Besar Ini Semasa Bertugas di Polda Kepri
TRIBUNBATAM.id
foto Yotje Mende dan Basaria 

TRIBUNBATAM.id, BATAM – Dari 104 deretan nama calon pimpinan (capim) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lulus tahap administasi, terdapat dua nama yang pernah bertugas di Mapolda Kepri. Pertama Irjen Pol (Purn) Basarian Pandjaitan dan Irjen Pol (Purn) Yotje Mende.

 Seperti diketahui, petahana Basarian Pandjaitan merupakan mantan Direktur Reskrim Polda Kepri pada tahun 2007. Sedangkan Irjen Pol (Purn) Yotje Mende adalah mantan Kapolda Kepri sejak 2 Maret 2012 sampai dengan 11 Juni 2013. Keduanya, merupakan bagian dari sembilan perwira tinggi polri yang lulus tahap yang sama.

 Basarian Pandjaitan dan Yotje Mende semasa menjabat di Mapolda Kepri telah melakukan berbagi terobosan. Termasuk dalam hal menangani perkara yang menyita perhatian publik kala itu. Seperti halnya Basarian Pandjaitan. Wanita asal Tapanuli ini, tidak diragukan dalam bidang reserse.

 Senin, 24 Agustus2007 Basaria Panjaitan yang masih berpangkat AKBP atau melati dua saat itu, mengungkakan kasus pencurian 25 unit mobil mewa. Dari 25 mobil mewah ini, terdapat sepuluh unit mobil mewah berbagai merek.

Heboh Saldo Bank Mandiri Berkurang, Polda Kepri Minta Nasabah Tetap Tenang

Ada 8 Aset yang Dihibahkan BP Batam kepada Pemko Batam, Salah Satunya Stadion Sepak Bola

Eat Boss Tawarkan Paket Makan Siang Murah, Ada 19 Menu yang Bisa Dipilih Pembeli

Kala itu, Mobil-mobil tersebut diduga sebagai hasil kejahatan dari Malaysia, ditemukan kawasan gudang berikat PT Carindo Utama Mandiri (CUM), Batu Ampar, Batam oleh tim Mabes Polri dan Polda Kepri Senin (2/4/2017). PT Carindo Utama Mandiri (CUM) merupakan milik pengusaha Yakob Sucipto yang kini menjabat sebagai Ketua Wushu Kota Batam. Dan menggeluti olahraga tinju.

Pengungkapan kasus pada saat itu, merupakan nilai plus bagi Basaria. Sebab, selama 2007 itu belum ada satu orang pun pejabat setingkatnya yang berhasil mengungkap kasus yang terbilang menyita perhatian publik saat itu.

Ternyata, kasus pengungkapan 25 mobil mewah itu ditanyakan sewaktu Basaria mencalonkan sebagai capim KPK pada 2015 lalu. Pertanyaan soal kasus ini dilemparkan oleh salah satu panitia seleksi, Harkristuti Harkrisnowo. Pakar hukum pidana ini mengaku mendapat laporan dari sebuah lembaga swadaya masyarakat bahwa Basaria pernah menangani kasus ini.

“Apa yang terjadi dengan mobil-mobil itu selanjutnya?” tanya Harkristuti.

“Masalah mobil itu bukan kewenangan kepolisian. Putusannya di MA (Mahkamah Agung) orangnya tetap bersalah, tapi mobilnya dikembalikan ke dia (pencuri) itu juga,” kata Harkristuti.

Menanggapi hal ini, Hakim Agung Suhadi mengatakan pada Rappler bahwa ia belum memeriksa nomor perkara kasus yang pernah ditangani Basaria. "Saya harus periksa dulu," kata Suhadi, Senin.

Halaman
1234
Penulis: Leo Halawa
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved