Gandeng Operator Kapal Marina Group, Pelindo Tanjungpinang Luncurkan Aplikasi Pembelian Tiket Online

Calon penumpang yang bepergian melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang bisa memilih pembelian tiket secara online.

Gandeng Operator Kapal Marina Group, Pelindo Tanjungpinang Luncurkan Aplikasi Pembelian Tiket Online
TRIBUNBATAM.id/Endra Kaputra
Peluncuran aplikasi tiket online 'Nyebrang Yuk' di Gedung Daerah Tanjungpinang yang turut dihadiri Plt. Gubernur Kepri Isdianto, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Gunawan, serta Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Syahputera Sembiring, dan General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang Arif Indra Perdana, Minggu (28/7/2019). 
TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Calon penumpang yang bepergian melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang bisa memilih pembelian tiket secara online.
Aplikasi 'Nyebrang Yuk' menjadi program perdana PT Pelindo Indonesia untuk memudahkan para calon penumpang kapal laut.
"Di era digital yang sudah semakin maju, Pelindo pun turut mengikuti perkembangan tersebut.
Kini masyarakat tidak perlu lagi bertatap muka ataupun mengantre untuk mendapatkan tiket kapal laut," kata Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1, Syahputera Sembiring sebelum meresmikan program baru tersebut.
Peresmian aplikasi pembelian tiket secara online yang turut dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, H Isdianto berlangsung, Minggu (28/07/2019) di Gedung Daerah Tanjungpinang.
Syahputera menyampaikan penggunaan perdana aplikasi tersebut baru dibuka untuk rute keberangkatan Tanjungpinang menuju Kota Batam. 
General Manager (GM) Pelindo I Tanjungpinang Arif Indra Perdana
General Manager (GM) Pelindo I Tanjungpinang Arif Indra Perdana (TRIBUN BATAM/ENDRAK)
"Dalam waktu dekat juga kita buka rute ke berbagai daerah tujuan lainnya. Semisal, Tanjung Balai Karimun, Galang, Moro, Tanjung Batu, Pulau Bukit, Tajur Biru, Sei Tenam, Senayang, Pancur, Cempa, Mensana, Dabo Singkep (Jago)," sebut Syahputera.
Untuk mewujudkan program ini, Pelindo l baru menggandeng perusahaan pelayaran Marina Group. 
"Selanjutnya kita pakai aplikasi ini untuk bekerja sama dengan para operator pelabuhan dan perusahaan pelayaran lainnya di seluruh wilayah di Indonesia. Tujuan digitalisasi agar cepat, tepat, dan akurat," tegas Syahputera.
Plt Gubernur Kepri Isdianto sangat mengapresiasi aplikasi gagasan PT Pelindo I yang semakin memudahkan masyarakat.
"Aplikasi ini menjadi wujud keseriusan Pelindo I dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Mari kita memanfaatkan aplikasi ini untuk pelayaran nyaman kita," ujar Isdianto.
Isdianto menyampaikan, aplikasi ini juga sudah mampu memberikan data penumpang secara digital di setiap pelayaran yang divalidasi menggunakan kartu identitas penumpang secara realtime. 
"Adanya aplikasi ini membuat masyarakat bebas memilih kapal dan destinasi yang diinginkan, dan dilengkapi dengan berbagai pilihan metode pembayaran elektronik," sebut Isdianto.
Sejumlah pemudik yang mendapat layanan tiket gratis dari Pelindo bersiap hendak berangkat di Pelabuhan Batuampar, Rabu (21/6/2017)
Sejumlah pemudik yang mendapat layanan tiket gratis dari Pelindo bersiap hendak berangkat di Pelabuhan Batuampar, Rabu (21/6/2017) (TRIBUNBATAM/EKO SETIAWAN)
Sebagai informasi, selain melalui aplikasi tersebut, masyarakat juga bisa membeli langsung tiket melalui Self Service Kiosk serta bisa langsung mencetak boarding pass secara mandiri, baik membeli tiketnya melalui Self Service Kiosk ataupun aplikasi.
Pelindo merupakan perusahaan BUMN yang mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat.
PT Pelindo I berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan.
Pelindo I mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan atau  perwakilan dan mengelola 1 unit usaha galangan kapal serta memiliki 6 anak perusahaan.
"Pelayanan Pelindo I meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya," tambah Syahputera. (TRIBUNBATAM.id/Endra Saputra)
 
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Thom Limahekin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved