Rupiah Masih Melemah di Level Rp 14.020 per Dolar AS, Begini Kata Analisis

Nilai tukar rupiah belum juga berotot. Pelemahan ini lantaran masih menunggu keluar data FOMC yang berlangsung 31 Juli 2019.

Antara
ILUSTRASI Nilai tukar rupiah 

TRIBUNBATAM.id - Nilai tukar rupiah belum juga berotot. Pelemahan ini lantaran masih menunggu keluar data FOMC yang berlangsung 31 Juli 2019.

Rupiah di pasar spot pada Pukul 13.28 WIB menurut data Bloomberg berada pada level Rp 14.020 per dolar AS atau melemah 0,08% setelah pada akhir pekan lalu ditutup Rp 14.009 per dolar AS.

Adapun kurs rupiah terhadap dolar AS di JISDOR menguat 0,06% menjadi Rp 14.010 per dolar AS dibandingkan penutupan kemarin yang berada pada Rp 14.001 per dolar AS.

Ramalan Zodiak Besok, Selasa 30 Juli 2019, Aries Dilema, Libra Khawatir, Scorpio Hari Melelahkan

Ingin Berbisnis Sesuai Hobi? Yuk Simak 5 Tips Ini

HP ANDROID TERBARU 2019 - Segini Harga Resmi Oppo Reno Limited Edition Barcelona

Begini Tips Membuat Surat Lamaran Kerja, Intip 5 Langkah Ini

 

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Ahmad Mikail Zaini menyampaikan, penantian para investor terhadap kelangsungan agenda Federal Open Market Committee (FOMC) akan mempengaruhi arah rupiah.

Agenda FOMC yang berlangsung 31 Juli nanti menjadi sangat krusial lantaran The Federal Reserves berpeluang besar memangkas suku bunga acuan AS.

Potensi ini kian besar jika merujuk pada hasil data awal pertumbuhan ekonomi AS di kuartal II-2019 yang hanya naik 2,1% (yoy) atau lebih rendah dibandingkan capaian di periode yang sama di tahun lalu sebesar 3,1% (yoy). Hasil ini membuat ancaman perlambatan ekonomi di negeri Paman Sam kian terlihat.

“Data PDB AS dapat menjadi acuan seberapa banyak The Fed akan menurunkan suku bunga acuan saat FOMC nanti,” kata dia, Minggu (26/7).

Editor: Rio Batubara
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved