Sehari Petugas Disdukcapil Tandatangani 200 Akta Kelahiran. Bagaimana Bila Pemohon Warga Pulau?

Permohonan pengurusan Akta kelahiran dalam sehari bisa mencapai 150 hingga 200 berkas permohon yang ditandatangani setiap harinya

Sehari Petugas Disdukcapil Tandatangani 200 Akta Kelahiran. Bagaimana Bila Pemohon Warga Pulau?
TRIBUN BATAM/ AMINNUDIN
Suasana kantor Disdukcapil Bintan di Batu 5 Tanjungpinang, Senin (5/12/2016) siang. 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan terus menggesa proses penyelesaian pengurusan akta kelahiran warga Bintan.

Hal itu dilakukan dengan cara terus melakukan jemput bola melayani pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) pengurusan akta kelahiran tersebut.

Permohonan pengurusan Akta kelahiran dalam sehari bisa mencapai 150 hingga 200 berkas permohon yang ditandatangani setiap harinya.

Bupati Bintan Apri Sujadi Ingatkan PT Bintan Alumina Indonesia Perhatikan Tenaga Kerja Lokal

Satu Jam Diperiksa Penyidik Polres Karimun, Tiga Bos Hotel Satria Akan Lapor Balik Richardo

Ruang Gerak KKB Papua Menyempit, Anggota TNI Sita Ratusan Amunisi, Begini Sikap Egianus Kogoya

Kepala Disdukcapil Bintan, Ismail menuturkan, bahwa pihaknya terus menggesa penyelesaian pengurusan Akta kelahiran warga di Bintan.

Sehingga dalam sehari, dirinya meneken sebanyak 150 hingga 200 data permohonan akta kelahiran terlambat. Hal ini agar warga Bintan memiliki akta kelahiran, meski terlambat atau sudah dewasa.

"Sampai saat ini, sudah 97 persen warga Bintan yang terpenuhi data kependudukan akta kelahirannya.Kami terus membantu melengkapi data kependudukan masyarakat mengenai akta kelahiran ini,"ucap Ismail, Senin (29/7/2019).

Ismail juga menuturkan, selain mengejar pemenuhan akta kelahiran terlambat terhadap warga, untuk mengakomodir warga yang melahirkan agar segera mengurus akta kelahiran, pihaknya juga menjalin komunikasi dengan RT/RW dan bidan, serta pusat kesehatan.

Adapun komunikasi yang di jalin melalui akun grup WhatsApp (WA) khusus permohonan akta kelahiran.
Dimana nanti perangkat RT/RW dan bidan tinggal WA saja data kelahiran anak. Tim kami telusuri dan cetak.

"Nah nanti kalau warga mau ambil akta kelahiran anaknya,tinggal serahkan data asli ke kami, sehingga lebih mudah dan cepat serta warga tidak perlu bolak balik lagi,"tuturnya.

Ismail juga menambahkan, bahwa bagi warga yang tidak terjangkau dari jaringan internet( Signal), khususnya
di daerah pulau-pulau. Data kelahiran cukup diinformasikan ke disdukcapil dan nanti akan ada tim yang menjemput data tersebut.

"Kalau tidak ada sistem, tidak ada jaringan internet (Signal), pihaknya akan melayani dengan sistem manual.Intinya, masyarakat harus terlayani dan tetap regulasi kita hormati,”tuturnya.

Sementara saat di singgung sampai sejauh ini apakah blangko akta kelahiran masih bisa memenuhi permohonan warga yang mengurus, Ismail menyampaikan bahwa untuk stok blangko akta kelahiran masih aman dan bisa melayani permohonan pengurusan akta kelahiran warga.

"Sampai saat stok blangko akta kelahiran kita masih aman dan tidak kosong,"ujarnya.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved