Perang Dagang AS vs China

Gara-gara Satu Cuitan Trump Soal Tarif Impor Produk China, Pasar Saham dan Minyak Dilanda Tsunami

Donald Trump adalah netizen paling berpengaruh di dunia karena hanya dengan satu cuitannya seperti bom raksasa dijatuhkan di tengah laut.

Gara-gara Satu Cuitan Trump Soal Tarif Impor Produk China, Pasar Saham dan Minyak Dilanda Tsunami
BBC
Bursa saham di Wall Street, Amerika Serikat 

TRIBUNBATAM.ID - Donald Trump adalah netizen paling berpengaruh di dunia karena hanya dengan satu cuitannya seperti bom dijatuhkan di tengah laut.

Meskipun tidak biasa seorang kepala negara membuat keputusan melalui media sosial, tetapi Donald Trump sangat sering melakukannya.

Sebagian cuitan Donald Trump itu bahasanya kadang-kadang kasar dan seperti tak dipikirkan dengan matang.

Lihat saja cuitannya beberapa waktu lalu saat menyerang empat anggota senat wanita dari Partai Demokrat yang menimbulkan konfrontasi karena dituduh rasis.

Trump Umumkan Tarif Baru, Beijing Membalas: Kami Hindari Perang, Tapi Tak Takut Bertempur

Gempa Dahsyat Guncang Selat Sunda, Inilah Doa saat Gempa Bumi

Begini Cerita Sri Mulyani Saat “Dibajak” Jokowi dari Bank Dunia

Beberapa waktu lalu, Trump juga membuat pengumuman akan menerapkan tarif untuk baja asal Turki yang membuat mata uang lira langsung terjun bebas hingga 17 persen.

Kini, Donald Trump kembali membuat cuitan mengagetkan, bahkan lebih deras lagi, ketika mengumumkan akan menerapkan tarif kedua bagi produk China senilai US$ 300 miliar.

Cuitan Trump itu langsung menimbulkan tsunami di seluruh dunia karena terkesan tiba-tiba dan sama sekali jauh dari optimisme pertemuan delegasi kedua negara di Shanghai, akhir Juli lalu.

Dalam pertemuan itu, China sepakat untuk mengimpor produk pertanian AS meskipun belum merinci jenisnya karena mereka harus menyusun daftar terlebih dahulu.

Namun, Trump justru menyatakan bahwa Beijing tidak melakukan (impor) tersebut, padahal kedua negara kembali akan bertamu awal September nanti.

Pernyataan Trump langsung membuat bursa saham di seluruh dunia terguncang.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved