BATAM TERKINI

Ditangkap saat Pindahkan Jutaan Batang Rokok, Begini Kronologi Penangkapan KM Mawar di Batam

Dua kapal yang diamankan tersebut yakni KM Mawar yang membawa 1.650.000 batang rokok dan KLM Bahtera Bahari yang membawa ratusan ribu batang rotan.

Ditangkap saat Pindahkan Jutaan Batang Rokok, Begini Kronologi Penangkapan KM Mawar di Batam
TRIBUNBATAM.ID/ARGIANTO DA NUGROHO
Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) bersama Jabatan Kastam Diraja Malaysia (JKDM) menggelar Operasi Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia Malaysia (Patkor Kastima) ke-25 dan berhasil mengamankan Kapal KM Mawar dan KLM Bahtera Bahari. Saat mengamankan Kapal KM Mawar, Petugas menemukan ribuan batang rokok. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dua kapal yang hendak menyelundupkan rokok ditangkap petugas tim gabungan dalam Kegiatan Operasi Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia Malaysia (Patkor Kastima), beberapa waktu lalu.

Dua kapal yang diamankan tersebut yakni KM Mawar yang membawa 1.650.000 batang rokok dan KLM Bahtera Bahari yang membawa ratusan ribu batang rotan yang hendak diselundupkan ke Malaysia.

Dirjen BC Heru Pambudi yang ditemui di Pelabuhan Bintang 999 Batu Ampar mengatakan, untuk penangkapan kapal pembawa rokok di selat Singapura.

"Kapal itu kita tangkap di sebuah pulau saat hendak melakukan ship to ship (SPS) rokok dengan merek Luffman. Estimasi harga rokok mencapai Rp 1 Miliar," sebutnya.

Sementara untuk kapal KLM Bahtera Bahari petugas mendapati ratusan batang rotan dengan berat 233.550 kg.

"Rotan ini dibawa dari Indonesia. Asalnya dari Gersik Jawa Timur dan hendak dibawa ke Malaysia. Saat diperiksa tidak ada dokumen yang lengkap," tegasnya.

Setidaknya dari hasil tegahan kapal pembawa rotan, tim gabungan juga berhasil mencegah kerugian negara.

KM Mawar Tertangkap di Selat Malaka Saat Bawa 1,65 Juta Batang Rokok Ilegal

BREAKINGNEWS! Mantan Pemain Timnas Budi Sudarsono Resmi Jadi Pelatih PS Batam

Sehari Setelah Presiden Jokowi Ingatkan Pelaku Kebakaran Hutan, Hutan Terbakar Lagi di Bintan

Estimasi uang dari penyelundupan rotan diperkirakan mencapi Rp 5 miliar.

Program patroli ini merupakan Instruksi Presiden Republik Indonesia dan sebagai salah satu program peningkatan pengawasan yang merupakan bagian dari Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai.

Dalam kegiatan Patkor Kastima yang diselenggarakan di pelabuhan Bintang 999 Batu Ampar, Batam.

Juga diikuti oleh petugas dari Kastam Diraja Malaysia.

Kegiatan ini dilakukan secara kontinio. Target mereka yakni mempersempit ruang gerak penyelundupan di perairan antara Indonesia dan Malaysia.  (Tribunbatam.id/setiawan_koe)

Penulis: Eko Setiawan
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved