Lawan di Pilpres 2019, Mengapa PDIP Kini Mesra dengan Prabowo? Ahli Sebut Kabinet Jokowi

Lawan di Pilpres 2019, mengapa kini PDIP mesra dengan Gerindra? Megawati dan Prabowo pun sudah dua kali bertemu.

Lawan di Pilpres 2019, Mengapa PDIP Kini Mesra dengan Prabowo? Ahli Sebut Kabinet Jokowi
Kompas.com
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadir di Kongres V PDI Perjuangan di Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019). 

TRIBUNBATAM.id - Lawan di Pilpres 2019, mengapa kini PDIP mesra dengan Gerindra? Megawati dan Prabowo pun sudah dua kali bertemu.

PDIP dan Gerindra kian mesra jelang penyusunan kabinet Jokowi-Maruf Amin.

Peneliti Departemen Politik dan Perubahan Sosial Center for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes memprediksi terbentuknya koalisi antara PDI-P dan Gerindra.

Menurut Arya, PDI-P membutuhkan Gerindra untuk menaikkan posisi tawar partai berlambang banteng itu di hadapan partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) lainnya.

Siapa Penumpang Gelap Prabowo di Pilpres 2019? Rachmawati Ungkap Ciri-cirinya

Adapun partai di DPR yang tergabung dalam KIK adalah Golkar, Nasdem, PKB, PPP, dan Hanura.

"Ya ini memang menunjukkan bulan madu politik antara PDI-P dan Gerindra ya. Memang PDI-P butuh Gerindra untuk menaikkan posisi tawar mereka di hadapan partai koalisi," ujar Arya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/8/2019).

"Jadi saya kira mereka (PDI-P) mungkin ingin bentuk koalisi yang mungkin ingin mempertimbangkan bermitra dengan Gerindra juga," tambah Arya.

Seperti diketahui pada Senin 22 Juli 2019, terjadi pertemuan para ketua umum partai politik koalisi pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin di DPP Nasdem, Gondangdia, Cikini, Jakarta Pusat.

Hadir dalam pertemuan itu Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sebagai tuan rumah, Plt Ketum PPP Soeharso Monoarfa, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartanto.

Namun, pertemuan ini tak dihadiri oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Kemudian pada 24 Juli 2019, Megawati bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Hubungan keduanya menghangat pasca pertemuan di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan itu, Megawati mengundang Prabowo secara khusus untuk hadir dalam Kongres V PDI-P.

Mantan Danjen Kopassus itu pun mendapat sambutan yang cukup hangat saat menghadiri acara pembukaan kongres di Hotel Grand Inna Bali Beach, Kamis (8/8/2019).

Sebagai balasan, Gerindra mengundang Megawati untuk hadir di acara Rapat Koordinasi Nasional, September 2019 mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengamat: PDI-P Butuh Gerindra untuk Naikkan Posisi Tawar", https://nasional.kompas.com/read/2019/08/14/12313771/pengamat-pdi-p-butuh-gerindra-untuk-naikkan-posisi-tawar

Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved