Baterai Hape Boros? Aplikasi Google Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Google Play Services bisa diibaratkan sebagai pusat segala layanan Google yang mengatur berbagai hal seperti fungsi GPS

Baterai Hape Boros? Aplikasi Google Ini Bisa Jadi Penyebabnya
wartakota
ILUSTRASI ilustrasi ponsel pintar Google Android 

TRIBUNBATAM.id - Google Play Services bisa diibaratkan sebagai pusat segala layanan Google yang mengatur berbagai hal seperti fungsi GPS, push notification, hingga proses background. Namun, aplikasi ini ternyata juga bisa memboroskan baterai ponsel Android.

Tepatnya, sebuah bug di Google Play Services versi 18.3.82 belakangan banyak dikeluhkan membuat baterai boros. Bug tersebut menyebabkan daya tetap tersedot meski perangkat sedang dalam mode stand by atau tidak dipakai.

Lantaran menimpa Google Play Services yang memegang peranan penting dan luas di perangkat Android, bug baterai boros pun menyebar ke berbagai versi Android dan ponsel dari aneka vendor.

Untuk melihat apakah ponsel Anda terdampak, buka menu "Settings", lalu buka menu baterai dan pilih opsi "Show full device usage" dari menu tiga titik di pojok kanan atas.

Di sini akan ditampilkan aplikasi mana saja yang paling banyak mengkonsumsi daya perangkat, seperti tampak dalam screenshot dalam tweet di bawah.

Punya Budget Rp 150 Juta untuk Beli Mobil Baru? Simak Daftar Pilihan Berikut Ini

Akhirnya Yamaha XSR155 Resmi Dirilis, Yuk Intip Videonya

HP ANDROID 2019 - Inilah Bocoran Harga Realme 5 Ternyata Segini Harganya

Ramalan Zodiak Besok Minggu 18 Agustus 2019, Taurus Diselimuti Kekhawatiran, Scorpio Dinner Romantis

 

Apabila Google Play Services bercokol di urutan tiga besar dengan konsumsi daya belasan atau puluhan persen, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut di ponsel memang bermasalah.

Bagaimana cara mengatasinya? Belum ada solusi yang jelas untuk masalah ini, tapi ada beberapa langkah yang bisa dicoba, seperti membersihkan cache dan storage Google Play Store di menu aplikasi dalam "Settings" di ponsel.

Bisa juga mencoba turunkan (downgrade) aplikasi Google Play Services ke versi sebelum 18.3.82 yang bermasalah, meskipun nantinya akan diperbarui lagi secara otomatis oleh ponsel.

Google Play Services versi lawas bisa didapatkan di situs mirroring aplikasi Android, seperti APKPure atau APKMirror, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidPolice, Sabtu (17/8/2019).

Cara mengetahui versi aplikasi Google Play Services

Untuk mengetahui versi Google Play Services yang terpasang di smartphone Android, Anda dapat mengikuti langkah berikut.

Buka pengaturan atau "Settings". Di sini, pilih menu "Apps". Kemudian, cari aplikasi Google Play Services dan klik aplikasi tersebut.

Setelah itu, scroll halaman hingga ujung paling bawah, lalu akan terlihat nomor versi Google Play Services di ponsel.

Jika versi yang tercantum memang 18.3.82, tapi tidak bermasalah menyedot daya, maka tak ada yang perlu dilakukan. Namun, apabila ternyata Google Play Store membuat boros baterai, Anda bisa mencoba metode downgrade dan clear cacheseperti tersebut di atas.

Meski demikian, cara-cara tadi hanya bersifat sementara. Semoga saja Google lekas menemukan penyebab bug Google Play Services yang memboroskan baterai ponsel dan menyalurkan perbaikannya. (Bill Clinten)

Editor: Rio Batubara
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved