HP BM Masih Bisa Lolos Dari Pemblokiran, Asalkan Penuhi Syarat Ini

Belakangan ini semakin ramai pemberitaan tentang aturan blokir hape black market (BM) yang bakal dikeluarkan oleh pemerintah.

HP BM Masih Bisa Lolos Dari Pemblokiran, Asalkan Penuhi Syarat Ini
theinquirer
ilustrasi hape BM 

TRIBUNBATAM.id - Belakangan ini semakin ramai pemberitaan tentang aturan blokir hape black market (BM) yang bakal dikeluarkan oleh pemerintah.

Rencananya, aturan ini akan ditandatagani oleh 3 kementerian langsung, yaitu Kementerian Perindustrian, Kementrian Perdagangan, dan juga Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Rencananya, pengesahan aturan ini akan dilakukan pada tanggal 17 Agustus kemarin. Tapi ternyata masih belum dilakukan.

Bahkan regulasi dan jadwal pemberlakuannya pun masih belum jelas sampai hari ini.

Mengutip Kompas.com, jadwal penandatanganan ini juga masih menunggu kepastian dari 3 kementerian yang sudah disebut di atas.

Penelusuran Kompas.com menemukan bahwak Kominfo ternyata sudah memiliki draft regulasi untuk mekanisme pemblokiran hape ilegal ini.

Ramalan Zodiak Besok Selasa 20 Agustus 2019, Aries Waspada, Taurus Proyekmu Sukses, Pisces Emosional

5 Hape Ini Paling Diminati di Asia Tenggara, Salah satunya Oppo

HP ANDROID TERBARU 2019, Hape Samsung Galaxy A10s Resmi Dirilis di India, Ini Spesifikasi dan Harga

HP ANDROID 2019 - Inilah Bocoran Harga Realme 5 Ternyata Segini Harganya

 

Keterangan di situs Kominfo menyebutkan Rancangan Peraturan Menteri Tentang Pembatasan Akses Layanan Telekomunikasi Bergerak Seluler tersebut telah melalui konsultasi publik pada tanggal 2 Agustus hingga 6 Agustus lalu.

“RPM disusun dalam rangka melindungi masyarakat dari penggunaan alat dan/atau perangkat telekomunikasi yang tidak memenuhi persyaratan teknis, mencegah dan mengurangi peredaran alat dan/atau perangkat telekomunikasi ilegal yang masuk,” tulis Kominfo.

Bagi kalian yang masih ragu atas legalitas hape kalian, kalian bisa dengan mandiri melakukan pengecekan di situs khusus yang disediakan Kemenperin (https://imei.kemenperin.go.id/).

Apabila nomor IMEI tidak terdaftar di sistem basis data karena masuk lewat jalur ilegal, maka hape yang bersangkutan akan diblokir degan cara tidak bisa tersambung ke jaringan seluler.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved