Kemarau Panjang Landa Anambas, Warga Kesulitan Air, Bupati Anambas Abdul Haris Gelar Zikir Akbar

Kemarau panjang yang melanda Anambas membuat warga kesulitan mendapatkan air bersih. Bupati Anambas gelar zikir akbar minta turun hujan.

Kemarau Panjang Landa Anambas, Warga Kesulitan Air, Bupati Anambas Abdul Haris Gelar Zikir Akbar
TRIBUNBATAM.id/Septyan Mulia Rohman
Krisis air di Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau membuat warga harus mengantre dengan menjejerkan jerigen di dekat bak penampungan air sehingga bisa mendapatkan air bersih.
TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Zikir akbar bakal dilakukan Pemerintah Daerah menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriah.
Bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas, pelaksanaan zikir akbar itu akan dilakukan di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) Sabtu (31/8/2019).
Ada 16 orang dari Majelis Zikir Al - Khidmah dijadwalkan mengisi zikir akbar di Anambas itu.
Satu di antaranya adalah Habib Musthafa Sidi Baraqba dari Yogyakarta. ‎
Zikir Akbar ini membawa harapan bagi Bupati Anambas, Abdul Haris.
Selain berharap mendapat keberkahan, dia juga menginginkan Anambas benar-benar terbebas dari kemarau berkepanjangan.
Kesulitan warga mendapatkan air bersih memang jelas terlihat, setidaknya di Kecamatan Siantan. 
Krisis air di Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau membuat warga harus mengantre dengan menjejerkan jerigen di dekat bak penampungan air sehingga bisa mendapatkan air bersih.
Krisis air di Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau membuat warga harus mengantre dengan menjejerkan jerigen di dekat bak penampungan air sehingga bisa mendapatkan air bersih. (TRIBUNBATAM.id/Septyan Mulia Rohman)
Warga harus mengantre untuk memperoleh air dari sumbernya baik itu milik warga atau tempat penampungan yang disediakan Pemerintah daerah.
Seakan tidak memperdulikan waktu, hingga dini hari warga harus rela menunggu sampai bak kamar mandi dapat terisi air untuk memenuhi kebutuhan satu hari.
"Dengan zikir akbar ini, mudah-mudahan tahun baru Islam kita mendapat berkah.
Termasuk kemarau berkepanjangan ini. Semoga cepat berakhir," ujar Abdul Haris, Selasa (20/8/2019). 
Warga antre untuk mendapatkan air bersih di Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri. Tribun/istimewa.
Warga antre untuk mendapatkan air bersih di Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri. Tribun/istimewa. (TRIBUNBATAM.id/Septyan Mulia Rohman)
Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas, Erizal Abdullah membenarkan ada zikir akbar tersebut.
Beberapa hari sebelum pelaksanaan zikir akbar, ada rangkaian kegiatan menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah yang dalam kalender Masehi masuk pada Minggu (1/9/2019).
"Nanti akan dipasang spanduk dan baliho mengenai rangkaian kegiatan dalam menyambut Tahun Baru Islam," ujar Erizal ketika ditemui di Masjid Jamik Baiturrahim, Tarempa, Kecamatan Siantan Senin (19/8/2019) siang. (TRIBUNBATAM.id/Septyan Mulia Rohman)
Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Thom Limahekin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved