Gerhana Matahari Cincin Lewati Kota Tanjungpinang Pada 2019 Nanti

Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan dilalui gerhana matahari cincin, Senin (26/8/2019) pukul 12.24 WIB.

Gerhana Matahari Cincin Lewati Kota Tanjungpinang Pada 2019 Nanti
TRIBUNBATAM.id/Endra Kaputra
Walik Kota Tanjungpinang H Syahrul foto bersama saat membuka kegiatan pelatihan astronomi dan Tecnology Engineering Art, dan Mathematiocs (STEAM) dalam gelaran festival gerhana matahari cincin oleh Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung. 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan masuk jalur gerhana matahari cincin pada suatu hari di Desember 2019.

Pulau Penyengat dan Gedung Gonggong Taman Laman Boenda Tanjungpinang menjadi titik pengamatan gerhana tersebut.

Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 12.24 sampai 12.27 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung mengelar pelatihan Astronomi dan Tecnology Engineering Art, dan Mathematiocs (STEAM) dalam gelaran festival gerhana matahari cincin.

Gerhana Matahari Total Terjadi di Wilayah Ini, Begini Fakta Gerhana Matahari di Indonesia

Gerhana Matahari Total di Chile & Argentina Bisa Disaksikan Orang Indonesia, Ini Link Live Streaming

Nanti Malam Gerhana Matahari Total, Inilah 5 Ritual Unik di Beberapa Negara untuk Menyambutnya

Tonton Detik-detik Gerhana Matahari Total 2 Juli 2019 Via Link Live Streaming, Berlangsung Pagi Ini

Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul menjelaskan, Tanjungpinang khususnya Pulau Penyengat memiliki kontribusi yang sangat besar dalam perbintangan Melayu.

"Para Cendekiawan di Pulau Penyengat pada abad ke-19 telah menulis berbagai buku perbintangan.

Seorang bule menikmati gerhana matahari sebagian di Pantai Firdaus, Minahasa Utara, Rabu (9/3/2016), lewat kamera kardus yang ia buat bersama teman-temannya.
Seorang bule menikmati gerhana matahari sebagian di Pantai Firdaus, Minahasa Utara, Rabu (9/3/2016), lewat kamera kardus yang ia buat bersama teman-temannya. (Tribun Manado/Ferdinand Ranti)

Beberapa di antaranya syair raksi oleh Raja Engku Haji Tua, Raja Ahmad Tabib dalam syair raksi macam baru, Ilmu Falakiyah tentang perhitungan dan rumus Ilmu Falak”, terang Wali Kota sebelum membuka kegiatan secara resmi di Aula Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Tanjungpinang, Minggu (25/08/2019).

 Syahrul berharap agar pelatihan tersebut semakin menumbuhkan kepedulian dan peningkatan pengetahuan tentang astronomi.

Bule Asal Amerika Serikat Ini Saksikan Gerhana Matahari Lewat Kardus yang Dibikin Sendiri

Begini Cara Warga Karimun Kepri Menyaksikan Momen Gerhana Matahari Total

Minggu 6 Januari 2019 Gerhana Matahari Lintasi Asia Timur. Ini Kota-kota yang Mengalami

Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Tahun Ini, Bisa Dilihat di Batam & Tanjungpinang, Ini Jadwalnya

Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung, Fendy M. Simatupang mengatakan, fenomena gerhana matahari cincin ini bisa dijadikan jalan masuk untuk menggali sejarah dan budaya.

Selain itu, fenomena itu juga menjadi bekal untuk mengajarkan siswa-siswi untuk belajar Ilmu Sains, Fisika, Kimia, dan lain sebagainya.

"Saya harap, dengan bekal ilmu yang guru peroleh pada hari ini, dapat diajarkan kembali ke siswa-siswinya,” ucap Syahrul.

Warga Batam gunakan teleskop khusus untuk melihat gerhana matahari sebagian di  Masjid Raya Baiturahman Sekupang usai melaksanakan Shalat Kusyuf AL Syams (Gerhana Matahari), Rabu (9/3/2016).
Warga Batam gunakan teleskop khusus untuk melihat gerhana matahari sebagian di Masjid Raya Baiturahman Sekupang usai melaksanakan Shalat Kusyuf AL Syams (Gerhana Matahari), Rabu (9/3/2016). (tribunnews batam/eko setiawan)

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Surjadi menuturkan, dalam puncak pengamatan gerhana matahari cincin akan diadakan serangkaian acara semisal jalan santai, pagelaran seni budaya, pameran dan diskusi.

"Pelatihan astronomi bagi guru hari ini merupakan satu dari rangkaian Festival Gerhana Matahari Cincin”, ucap Surjadi. (TRIBUNBATAM.id/Endra Kaputra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Thom Limahekin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved