Pendidikan Khusus Profesi Advokat Universitas Putera Batam Bekerjasama dengan PERADI Resmi Dibuka

PKPA Universitas Putera Batam (UPB) bekerjasama dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) resmi dibuka, Sabtu (24/08/19).

Pendidikan Khusus Profesi Advokat Universitas Putera Batam Bekerjasama dengan PERADI Resmi Dibuka
ist
Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Universitas Putera Batam (UPB) bekerjasama dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) resmi dibuka, Sabtu (24/08/19) 

TRIBUNBATAM.id - Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Universitas Putera Batam (UPB) bekerjasama dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) resmi dibuka, Sabtu (24/08/19).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Rektor Universitas Putera Batam (UPB)  Dr. Nur Elfi Husda, S.Kom., M.SI. yang disaksikan langsung oleh Sugeng Teguh Santosa, S.H.(Sekretaris Jenderal PERADI) dan Radius, S.H.,M.H.(Ketua DPC Peradi Batam Raya). Serta dihadiri oleh peserta PKPA maupun pejabat struktural dilingkungan UPB.

Acara tersebut dimulai pukul 09.00 WIB di Kampus UPB yang terletak di Tembesi ,Batam, Kepri, 

PKPA hari pertama tersebut dilaksanakan sebanyak 3 sesi dimana setiap sesinya terdiri dari 2 jam. Para peserta sangat antusias untuk mengikuti pelatihan ini dimana ini merupakan salah satu syarat bagi seseorang yang lulus Sarjana Hukum.

Padrisan Jamba, S.H., M.H. selaku Ketua Pelaksana dari PKPA mengatakan untuk menjadi seorang advokat yang mandiri, professional harus melalui Pendidikan PKPA ini terlebih dahulu sebelum mengikuti Ujian Profesi Advokat (UPA), magang serta diangkat sumpahnya menjadi seorang advokat sebelum terjun langsung praktek di pengadilan.

Dalam PKPA ini banyak sekali pemateri dari praktisi bidang hukum yang dihadir oleh panitia.

"Praktisi yang dihadirkan sebagai pemateri PKPA 90 persen adalah praktisi dimana meliputi Hakim, Jaksa, Pengacara, Notaris, Kurator, Polisi, Bawaslu, KPPU, dll," ujarnya.

PKPA Universitas Putera Batam (UPB) bekerjasama dengan PERADI
PKPA Universitas Putera Batam (UPB) bekerjasama dengan PERADI (ist)

PKPA ini berlangsung lebih dari sebulan dimana dilaksanakan setiap hari Sabtu mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB dan Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB dimana peserta sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh pemateri yang sangat berpengalaman dalam dunia praktek penegakan hukum sebagai bekal peserta untuk mengikuti UPA nantinya.

Dalam setiap sesi yang disampaikan oleh pemateri tidak jarang sering muncul pertanyaan dari peserta dikarenakan materi yang disampaikan kebanyakan berasal dari pengalaman pemateri sendiri ketika menjadi seorang penegak hukum.

Ia melanjutkan PKPA ini berjalan lancar, kedepan tidak ada kendala berat dalam perjalanannya hingga semuanya berjalan tepat waktu, semoga tahun depan kita tetap adakan kegiatan semacam ini, jadi bukan hanya tahun kedua terus selesai namun kegiatan ini akan terus berlanjut.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPC Peradi Radius, adapun tujuan kegiatan ini yakni dapat menghasilkan calon-calon Advokat yang berintegritas ,sehingga setelah mengikuti pelatihan ini para peserta sudah benar-benar siap menjadi advokat yang akan terjun kedunia kerja.

"Semoga kegiatan semacam ini akan terus berjalan, doakan saja tahun depan akan lebih banyak yang daftar menjadi calon Advokat lagi," kata Radius.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved