Kini Buat atau Perpanjang SIM di Polda Metro Jaya Bisa Bayar Pakai Go-Pay

Go-Pay menggandeng Polda Metro Jaya untuk menghadirkan metode pembayaran nontunai ketika pembuatan dan perpanjangan SIM.

Kini Buat atau Perpanjang SIM di Polda Metro Jaya Bisa Bayar Pakai Go-Pay
KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGA
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf (tengah) dan Head of Ecosystem Expansion GoPay Edwin Ariono (kedua kiri) memberikan keterangan dalam konferensi pers di Satpas Ditlantas Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (26/8/2019). 

TRIBUNBATAM.id - Perusahaan penyedia jasa sistem pembayaran (PJSP), Go-Pay menggandeng Polda Metro Jaya untuk menghadirkan metode pembayaran nontunai ketika pembuatan dan perpanjangan SIM.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan layanan kepada publik. Utamanya untuk pembayaran nontunai untuk pembuatan dan perpanjangan SIM.

Polda Metro Jaya menjadi Polda pertama yang menerapkan metode pembayaran nontunai untuk transaksi pengumpulan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam bentuk SIM.

"Polda Metro Jaya terus berupaya meningkatkan layanan publik salah satunya dengan mengikuti perkembangan teknologi. Kali ini, kami menggandeng Go-Pay menghadirkan inovasi pembayaran nontunai untuk pembuatan dan perpanjangan SIM," kata Yusuf di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Farhat Abbas Tantang Debat, Hotman Paris Malah Pamer The Hotman Bar

Harga Emas Antam Catat Rekor Harga Tertinggi Naik Rp 7.000, Senin (27/8)

Ibu Kota Pindah, Presiden Jokowi: Jakarta Tetap Jadi Prioritas Pembangunan

Berikan Kemudahan, Kini Bayar Paspor Bisa Lewat Bukalapak dan Tokopedia

 

Yusuf menjelaskan, dengan inovasi yang dilakukan diharapkan akan membantu menciptakan layanan publik yang cepat, aman, mudah, dan transparan. Sehingga masyarakat juga bisa semakin percaya dengan kinerja pelayanan publik.

Sebagai bagian dari langkah awal, layanan transaksi nontunai untuk pembayaran PNBP SIM sudah bisa dimanfaatkan masyarakat di Satpas Ditlantas Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Ke depannya, inovasi ini juga akan diterapkan di wilayah Polda Metro Jaya lainnya, termasuk layanan SIM keliling dan gerai pelayanan Satpas," ujarnya.

Dia menuturkan, pengguna yang ingin melakukan pembayaran PNBP SIM, baik untuk membuat baru maupun memperpanjang cukup membuka aplikasi Gojek dan memilih menu “Bayar” untuk melakukan scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran PNBP SIM. Kemudian memasukkan jumlah yang ingin dibayarkan dan melakukan konfirmasi pembayaran.

Sementara itu, Head of Ecosystem Expansion GoPay Edwin Ariono menyambut baik kerja sama yang terjalin dengan Polda Metro Jaya. Pihaknya juga mengapresi mengapresiasi terjalinnya kerja sama antara Gojek, GoPay, dengan Polda Metro Jaya.

"Kami merasa terhormat dapat menjadi bagian dari upaya Polda Metro Jaya dalam meningkatkan layanan publik melalui teknologi pembayaran nontunai. Melalui kerja sama ini, kami tidak hanya berupaya untuk memudahkan masyarakat namun juga pemerintah dan kepolisian dalam mengumpulkan PNBP sehingga menjadi lebih aman dan transparan," ujarnya.

Edwin menuturkan, terjalinnya kerja sama ini tidak membutuhkan proses lama hingga akhirnya terealisasi dengan baik. Pihaknya ingin berkontribusi bagi publik dengan memberikan kemudahan.

"Gojek dan GoPay telah menjalin kerja sama di tingkat kota dan kabupaten dengan Polres di sembilan kota di Indonesia untuk memberikan kemudahan pembayaran perpanjangan SIM. Kerja sama dengan Polda Metro Jaya kali ini menghasilkan inovasi pertama untuk transaksi pembuatan SIM menggunakan metode pembayaran nontunai," tuturnya.

Edwin berharap bahwa kemudahan pembayaran PNBP SIM ini ke depannya juga bisa dirasakan oleh masyarakat di wilayah lain.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved