BATAM TERKINI

Peserta Pilkada Serentak 2020 di Kepri Hanya Diberi Waktu Kampanye 71 Hari

Masa kampanye pilkada 2020 yang lebih singkat ini, juga berimbas untuk kampanye melalui media masa, cetak, dan elektronik.

Peserta Pilkada Serentak 2020 di Kepri Hanya Diberi Waktu Kampanye 71 Hari
Istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Masa kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang, bakal lebih singkat dibanding periode sebelumnya.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Zaki Setiawan mengatakan, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan Program dan Jadwal Pilkada 2020, masa kampanye pilkada tahun depan, akan berlangsung selama 71 hari.

Dimulai 11 Juli hingga 19 September 2020.

"Sementara pada pilkada 2015 lalu, masa kampanye berlangsung selama 81 hari," kata Zaki, Senin (26/8).

Ia melanjutkan, masa kampanye ini, meliputi kampanye dengan metode pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye kepada umum, dan pemasangan alat peraga.

"Pada tahapan ini juga akan dilaksanakan debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon serta kampanye melalui media masa, cetak, dan elektronik," ujarnya.

Belajar dari Pengalaman, Ria Saptarika Tunggu Aturan Pilkada: Kalau Cuti Bisa, Kalau Mundur, Tidak!

Inilah Jadwal Pelantikan Anggota DPRD Bintan 2019 Terplih Hasil Pilkada Serentak

Inilah Tahapan Pemilu Serentak 2020, Tahapan Sudah Dimulai Sejak Oktober 2019

Masa kampanye pilkada 2020 yang lebih singkat ini, juga berimbas untuk kampanye melalui media masa, cetak, dan elektronik.

Waktunya ditetapkan hanya 14 hari. Mulai 6-19 September 2020.

"Kalau pada pemilu 2019, waktunya sampai 21 hari," kata Zaki.

Tahapan kampanye berakhir dengan masuknya masa tenang selama tiga hari. Itu dari 20-22 September. Kemudian puncak tahapan pilkada ini ada di tanggal 23 September 2020. Dan merupakan hari pencoblosan atau pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Sekadar informasi, Kota Batam termasuk satu diantara daerah yang ikut melaksanakan pilkada serentak tahun 2020. Total ada sekitar 270 daerah di Indonesia, yang akan menggelar pilkada tahun depan.

Terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.

Sedangkan di Kepri, selain Kota Batam ada lima kabupaten lainnya yang akan menggelar pilkada.

Yakni Kabupaten Karimun, Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Anambas. Termasuk di Provinsi Kepri sendiri, untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri. (tribunbatam.id/dewi haryati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved