Lion Air Berlakukan Tarif Bagasi Baru, Catat Tanggalnya

mulai besok, 1 September 2019, Lion Air, Batik Air, dan Wings Air memberlakukan tarif bagasi baru untuk pembelian saat pelaporan di bandara

Lion Air Berlakukan Tarif Bagasi Baru, Catat Tanggalnya
en.wikipedia.org
Lion Air 

TRIBUNBATAM.id - Anda berencana terbang dengan Lion Air, Batik Air, dan Wings Air pada besok atau hari-hari mendatang?

Catat, mulai besok, 1 September 2019, Lion Air, Batik Air, dan Wings Air memberlakukan tarif bagasi baru untuk pembelian saat pelaporan di bandara karena kelebihan berat atau dimensi (excess baggage ticket).

Batik Air sebagai maskapai berkonsep layanan penuh memberikan bagasi tercatat cuma-cuma 20 kilogram (kg). Lion Air dan Wings Air, maskapai kategori layanan minimum, menghadirkan bagasi tercatat nol kilogram atau 0 kg.

"Seiring perkembangan pasar penerbangan, Lion Air dan Wings Air sudah memberlakukan penerapan bagasi 0 kg serta mengenakan biaya terhadap kapasitas (berat) bagasi tercatat untuk penerbangan domestik dan internasional," ujar Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, dalam siaran pers, Senin (26/8) lalu.

Untuk biaya kelebihan bagasi mengikuti berat aktual sesuai penghitungan timbangan di bandara. Dan, tetap dikenakan bila tamu atau penumpang membawa bagasi melebihi berat, setelah dibandingkan dengan baggage allowance dan pre-paid baggage.

Peluang Bisnis Berjualan Internet ke Para Pelancong

Inilah Saham-saham Jadi Penopang IHSG di Bulan Agustus 2019

Facebook Latih Para Pakar AI Dengan Game Minecraft

Keunggulan Smart SIM, Bisa Transaksi Elektronik dan Rekam Data Pelanggaran

 

Tarif kelebihan berat atau dimensi yang dihitung per kilogram (kg) berbeda-beda, tergantung maskapai pada rute yang mereka layani. Contoh, Lion Air rute Jakarta-Jogja Rp 24.000 per kg dan Jakarta-Kualanamu Rp 49.000 per kg

Kemudian, Batik Air rute Jakarta-Jogja Rp 33.000 per kg dan Jakarta-Kualanamu Rp 70.000 per kg. Sedang Wings Air rute Surabaya-Banyuwangi Rp 28.000 per kg, Denpasar-Bima Rp 28.000 per kg, serta Bandung-Bengkulu Rp 44.000 per kg.

"Layanan bagasi tercatat nol kilogram seiring tren perjalanan udara sesuai era kekinian atau millennials traveling. Opsi tersebut menawarkan setiap wisatawan dan pebisnis (travelers) bisa melakukan traveling lebih ekonomis serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi menurut kebutuhan perjalanan," beber Danang.

Pembelian kuota bagasi (extra baggage allowance) yang penumpang lakukan sebelum waktu keberangkatan tersedia 5kg, 10kg, 15kg, dan 20 kg. Maksimum pembelian adalah 30 kg per penumpang.

Lion Air dan Wings Air mengimbau kepada travelers untuk mempersiapkan rencana perjalanan lebih awal dengan "tren perjalanan udara simpel". Jika akan membawa bagasi saat bepergian maka bisa membeli menggunakan voucher lewat agen perjalanan, situs www.lionair.co.id, dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

Tarif pembelian voucher bagasi berlaku tetap sejak mulai berlaku atau tidak mengalami perubahan. Hitungannya per kilogramnya berbeda-beda tergantung maskapai pada rute yang mereka layani

Misalnya, Lion Air Jakarta-Jogja Rp 17.000 per kg dan Jakarta-Kualanamu Rp 36.000 per kg. Lalu, Wings Air Surabaya-Banyuwangi Rp 22.000 per kg, Denpasar-Bima Rp 22.000 per kg, dan Bandung-Bengkulu Rp 22.000 per kg.

Menurut Danang, pembelian bagasi dengan harga lebih hemat bisa penumpang lakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket. Ketentuan batas waktu maksimumnya adalah enam jam sebelum keberangkatan.

"Travelers akan mendapatkan nilai lebih ekonomis serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi yang disesuaikan tingkat keperluan. Sebaliknya, bila berangkat tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi," tambahnya.

Setiap travelers kecuali bayi boleh membawa satu dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi, seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, kamera, tas jinjing wanita atau hand lugage, ke dalam kabin. Tapi, tetap mengikuti aturan berlaku sesuai maksimum ukuran dimensi bagasi kabin 35 x 30 x 20 cm.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved