KARIMUN TERKINI

Kapal Isap Timah Tenggelam di Karimun, Inilah Langkah Hindari Pencemaran Laut

Kapal Isap Produksi (KIP) milik PT Timah Tbk yang tenggelam pada Sabtu (31/8/2019) masih belum diangkat.

Kapal Isap Timah Tenggelam di Karimun, Inilah Langkah Hindari Pencemaran Laut
Dokumen PT TIMAH Tbk
Kapal isap pasir milik PT Timah Tbk, yaitu Kapal Isap Produksi (KIP) 10, terbalik lalu tenggelam di perairan Prayun, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu (31/8/2019). 

TRIBUNBATAM.id - Kapal Isap Produksi (KIP) milik PT Timah Tbk yang tenggelam pada Sabtu (31/8/2019) masih belum diangkat.

Untuk menghindari adanya pencemaran lingkungan akibat tenggelamnya kapal isap, PT Timah melakukan sejumlah upaya antisipasi.

Diantaranya adalah dengan memasang oil booms di sekeliling kapal bernama KIP-10 itu.

Tujuannya, jika terjadi tumpahan minyak maka dapat langsung terserap. Selain itu jangkar juga dipasang agar kapal tak bergerak.

"Untuk potensi limbah sedang dikonstuksikan oleh Tim OSCT yang merupakan mitra PT Timah Tbk. Tindak lanjut yang dilakukan dengan pemasangan jangkar kembali agar tidak bergerak, kemudian oil booms untuk meminimalisir dampak limbah," jelas kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahan, Senin (2/9/2019).

Kapal Isap PT Timah di Karimun Tenggelam dan Terbalik, 30 Kapal Diperintahkan Untuk Membantu

Hingga saat ini belum ada pencemaran. Namun dikhawatirkan adanya terjadi tumpahan minyak ketika KIP-10 diangkat.

"Alhamdullillah tidak ada kelihatan ceceran minyak karena sudah ada palka lomba hawa tangki bbm untuk menghindari kemungkinan bbm keluar dari tangki. Kita juga sudah berkomunikasi dengan tim salvage untuk evakuasi KIP 10,” kata Anggi.

Di lokasi pihak perusahaan juga memasang suar atau lampu navigasi pelayaran. Hal ini dilakukan agar kapal-kapal lain tidak melewati lokasi hingga kapal diangkat.

Meskipun lokasi tenggelamnya kapal bukanlah termasuk jalur pelayaran umum.

"Berbagai upaya penanganan dilakukan secepat mungkin dengan sesuai standar. Proses evakuasi terus dilakukan dibantu dengan tim salvage," terang Anggi.

Halaman
12
Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved