Pembinaan Akutansi Berbasis Sak Etap Menggunakan MYOB Accounting V17 di SMK Batam Business School

Dalam rangka meningkatkan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi, Universitas Putera Batam (UPB) menggelar pengabdian masyarakat.

Pembinaan Akutansi Berbasis Sak Etap Menggunakan MYOB Accounting V17 di SMK Batam Business School
ist
Dosen Sistem Informasi dan Dosen Akuntansi Universitas Putera Batam (Bapak Tukino, S.Kom., M.SI & Bapak Baru Harahap, S.E., M.Ak) foto bersama dengan Siswa/Siswi SMK Batam Business School usai memberikan pelatihan Pembinaan Akuntansi Berbasis SAK-ETAP Pada Perusahaan Manufaktur Mengunakan MYOB Accounting V17 sebagai bentuk dari Tridharma Perguruan Tinggi Pengabdian Kepada Masyarakat 

TRIBUNBATAM.id - Dalam rangka meningkatkan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi, Universitas Putera Batam (UPB) menggelar pengabdian masyarakat.

Yang dilaksanakan oleh Dosen Sistem Informasi Universitas Putera Batam Tukino, S.Kom., M.SI. dan dibantu oleh Dosen Akuntansi Universitas Putera Batam Baru Harahap, S.E.,M.Ak beserta 1 orang mahasiswanya di SMK Batam Business School Kota Batam. P

embinaan Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur Dengan MYOB Accounting v17 yang diikuti oleh 13 (Tiga Belas) Siswa/Siswi Jurusan Akuntansi pada SMK Batam Business School Kota Batam yang berlokasidi Komplek Rezeki Graha Mas, Jl. Raja H. Fisabilillah Blok A & B No.17 - 20, Sungai Panas, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau

Pelaksanaan pengabdiannya dimulai pada hari Jumat pada 25 Januari dan 19 Juli 2019 dan 26 Juli 2019 dari pukul pukul 08.30 sampai dengan 11.00 WIB

Dalam pelaksanaan pengabdiannya, Universitas Putera Batam (UPB) berfokus pada persoalan-persoalan yang tengah dihadapi masyarakat, sehingga pengabdian yang dilakukan benar-benar menjawab persoalan sesuai kebutuhan.

 Berdasarkan identifikasi masalah yang dilakukan Tim PKM Universitas Putera Batam, bahwa sekolah ini membutuhkan pelatihan Pembinaan Akuntansi Berbasis SAK-ETAP Pada Perusahaan Manufaktur Mengunakan MYOB Accounting V17 untuk para siswa-siswinya yang menghadapi Uji Kompetensi Keahlian (UKK).

Tukino mengatakan bahwa SMK merupakan pendidikan pada jenjang menengah yang mengutamakan pengembangan keterampilan siswa. Keterampilan yang dimiliki merupakan hasil dari pembelajaran di sekolah maupun di industri.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.

Untuk pelatihan kedua memberikan sedikit tips untuk Menghadapi UKK Atau Uji Kompetensi Keahlian:

1). Perbanyak Ibadah, Ibadah merupakan persiapan diri paling mendasar yang harus dilakukan, dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT niscaya kepercayaan diri kita semakin meningkat. 

2). Membuat Kelompok Belajar, Belajar sendirian memang baik, namun apabila belajar bersama-sama tentunya akan lebih baik lagi. Ilmu yang disampaikan dan dibagi bersama-sama memiliki efek yang lebih besar ketimbang belajar sendirian.

3). Menjaga Kesehatan, Kesehatan diri sangat perlu diperhatikan menjelang UKK atau Uji Kompetensi Keahlian.

4). Mohon Doa Restu, Orang tua beserta guru kita memiliki peran penting bagi kehidupan kita selama belajar dan bersekolah. Prestasi yang kita banggakan tentunya akan dibanggakan oleh orang tua dan guru kita. 

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved