Kapal Selam Meledak di California, 25 Tewas, Lima Orang Tidak Ditemukan

Sebanyak 25 orang dipastikan tewas dan sembilan lainnya belum ditemukan setelah sebuah perahu selam terbakar di tengah malam

Kapal Selam Meledak di California, 25 Tewas, Lima Orang Tidak Ditemukan
Santa Barbara County Fire Department via AP
Kapal selam yang terbakar dan menewaskan setidaknya 25 orang di California, AS, Senin dinihari 

TRIBUNBATAM.ID, CALIFORNIA - Sebanyak 25 orang dipastikan tewas dan sembilan lainnya belum ditemukan setelah sebuah perahu selam terbakar di tengah malam dan tenggelam di lepas pantai California, Amerika Serikat.

Lima anggota kru yang terbangun ketika api berkobar sekitar jam 3 pagi, Senin (2/9/2019) berhasil melarikan diri tetapi penumpang lain terjebak di tempat tidur di bawah geladak.

Petugas pemadam kebakaran di helikopter, kapal kecil dan pemotong Coast Guard AS menghabiskan waktu berjam-jam menangani api dan mencari korban setelah diberitahu dalam panggilan darurat.

Namun kobaran api begitu kuat dan terus menyala dan kemudian padam sendiri, diduga karena bahan bakar di kapal sudah habis.

Tim pencarian dan penyelamatan menjelajahi perairan sekitarnya hingga malam, tetapi harapan memudar untuk menemukan orang yang selamat.

Seorang juru bicara daerah mengatakan ada "banyak korban jiwa".

Petugas menyebutkan, ada 39 penumpang dalam kapal itu di dekat Pulau Santa Cruz dan hanya lima yang diketahui selamat.

Kapal selam komersial bernama Conception itu memiliki panjang sekitar 23 meter dan berlabuh di Pelabuhan Platt, sekitar 20 meter di lepas pantai utara Pulau Santa Cruz.

Kapal itu dalam pelayaran tiga hari ke Kepulauan Channel selama akhir pekan yang dilanjutkan libur Hari Buruh, Senin.

Rincian tentang api dan penyebabnya belum diketahui. Panggilan darurat diperoleh petugas setelah api tidak terkendali.

Anggota kru yang selamat mencari perlindungan di sebuah kapal penangkap ikan yang ditambatkan di dekatnya, menggedor Bob Hansen dan istrinya, yang sedang tidur di atas kapal.

"Ketika kami melihat keluar, kapal lain benar-benar dilalap api, dari depan hingga ke buritan," kata Hansen kepada New York Times. "Ada beberapa kali ledakan. Mengerikan sekali."

Aaron Bemis, seorang kepala Penjaga Pantai AS, mengatakan kepada CNN bahwa penyelamat telah diberitahu ada 34 penumpang di tempat tidur di bawah kapal dan terjebak oleh api.

"Api itu sangat kuat sehingga bahkan setelah dipadamkan, kami tidak dapat benar-benar memulai kapal dan mencari orang yang selamat pada saat ini," katanya, Senin pagi atau malam WIB.

Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved