WISATA SINGAPURA

Bakal Jadi Calon Wisata Halal Favorit di Asia, Singapura Akan Saingi Indonesia?

Selain Indonesia, Malaysia, dan Thailand, ternyata Singapura juga memiliki potensi wisata halal karena juga memiliki warga negara yang muslim disana.

Bakal Jadi Calon Wisata Halal Favorit di Asia, Singapura Akan Saingi Indonesia?
Albert Supargo
Marina Bay Sands Singapura 

TRIBUNBATAM.id - Minat wisata halal diperkirkan hingga 200 miliar dollar AS pada tahun 2020 dan akan terus meningkat pada 2026 sampai 300 miliar dollar AS.

Terdapat 3 negara yang kerap mempromosikan wisata halal yakni Indonesia, Malaysia dan Thailand dan mencoba menarik market di Asia.

Namun ternyata, Singapura juga memiliki potensi yang kuat untuk wisata halal.

6 Tempat Instagramable di Singapura yang Gratis, Ada Jajaran Kios Berwarna-warni

Wakil Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Panca Sarungu mengatakan, Singapura berpotensi menjadi saingan baru dalam wisata halal. Sebab, negara ini juga dihuni oleh muslim dan melayu.

"Singapura memiliki prospek yang cerah untuk wisata halal, dan bahkan pertumbuhannya bisa dua digit. Menurut saya, bukan hal yang sulit karena 5 persen penduduk negara kota ini adalah muslim atau melayu. Dan mereka sudah terbiasa menangani wisata halal," tutur Panca Sarungu dalam keterangannya, Rabu (4/9/2019).

Bandara Changi

Bahkan, kata Panca, Bandara Changi pun sudah memisahkan makanan halal dan non-halal di salah satu food court. Fakta itu menunjukkan Singapura memang telah serius menggarap segmen ini.

"Jadi langkah selanjutnya yang perlu disiapkan adalah pembentukan dewan pariwisata halal yang terdiri dari para ahli di bidang tersebut. Selain itu, harus ada tour operator atau pedoman maupun publikasi yang rutin mempromosikan wisata halal di Singapura," saran Ketua Umum DPP Masyarakat Sadar Wisata tersebut.

Setali tiga uang, pengamat dan pelaku industri pariwisata di Singapura, Tania Gromenko mengungkapkan, wisata halal Singapura tengah tumbuh menggeliat. Beberapa indikatornya terlihat dari mulai menjamurnya beberapa ikon halal yang dikeluarkan Majelis ulama Singapura.

Syahrini Diusir Saat Nonton Drama Musikal Aladdin di Singapura, Apa Kesalahan Istri Reino Barack?

"Selain itu, pemerintah telah serius meminta hotel untuk menyediakan petunjuk arah kiblat, fasilitas sholat, restoran bersertifikasi halal, mushola, dan sebagainya," tutur pendiri Singapore Guidebook (SGB) tersebut.

Tania menjelaskan, jumlah pengunjung mengalami tren kenaikan dalam 3 tahun terakhir. Kebanyakan pengunjung yang datang berasal dari China dan Indonesia. Bahkan, wisatawan Indonesia yang bertandang ke Singapura adalah kedua terbesar setelah China.

Tak heran, saat ini banyak masjid bertebaran di negara tersebut. Ini tentu didukung oleh kesadaran beragama masyarakat Indonesia sehingga sangat lumrah negara ini mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan para wisatawan muslim.

Tak Kalah dari Anak, Ibu Syahrini Gunakan Sepatu Emas di Singapura, Seharga Satu Motor

Dari tanda-tanda tersebut, tidak menutup kemungkinan Singapura bakal menyaingi Indonesia dan Malaysia dalam sektor destinasi halal di Asia.

"Saya melihat potensi tersebut sudah mulai kelihatan, apalagi negara ini juga menjadi pusat bisnis di kawasan Asia sehingga keduanya bisa saling bersinergi," pungkas dia.

Marak Paket Perjalanan ke Korea Utara, Singapura Peringatkan Warganya Akan Sanksi PBB

Berbuat Asusila Pada Anak Umur 14 Tahun, Guru di Singapura Dihukum Penjara

Jadi Tempat Paling Aman di Dunia, Singapura Juga Kota Dengan Kualitas Hidup Terbaik di Asia?

Diburu Konsumen Dari Singapura, Begini Jatuh Bangun Bisnis Mega Belah Doeren

Termasuk Singapura, Ini 10 Kota Paling Aman Di Dunia Versi Economist Intelligence Unit

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saingi Indonesia, Singapura Bakal Jadi Calon Destinasi Halal Favorit di Asia".

Editor: Putri Larasati Anggiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved